<p>Pelanggan melintas di dekat logo Telkomsel di gerai GraPARI Telkomsel yang berada di salah satu pusat perbelanjaan di Jakarta, Senin, 19 April 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Fintech

Belum Setahun, Start Up Kuncie dan Fita Besutan Telkomsel Raih Google Play Awards 2021

  • Dua aplikasi besutan Telkomsel yakni Kuncie dan Fita, meraih penghargaan dalam ajang Google Play Awards 2021.
Fintech
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Dua aplikasi besutan PT Telekomunikasi Selular (Telkomsel), yakni Kuncie dan Fita, meraih penghargaan dalam ajang Google Play Awards 2021. 

Aplikasi Kuncie yang fokus pada pengembangan potensi melalui pembelajaran maupun pengembangan keterampilan di berbagai bidang, berhasil meraih yang  terbaik di kategori Best for Personal Growth. Sedangkan Fita, aplikasi yang dapat membantu masyarakat membangun kebiasaan baik, mendorong masyarakat untuk dapat menerapkan hidup lebih sehat, dinobatkan sebagai Best Hidden Gems.

“Walau belum genap setahun kedua aplikasi tersebut dihadirkan, namun sambutan khususnya dari pengguna OS Android sudah semakin meningkat,” kata Direktur Utama Telkomsel Hendri Mulya Syam dalam keterangan resmi, Jumat 3 Desember 2021.

Kuncie bersama kurang lebih 100 mentor menghadirkan lebih dari 1.000 pembelajaran dalam format yang mudah dan praktis untuk diikuti, agar dapat diimplementasikan secara nyata oleh para pengguna.

Sebagai informasi, Telkomsel meluncurkan Kuncie pada Juli 2021. Hingga saat ini, Kuncie telah diunduh lebih dari satu juta kali di Google Play Store. Kuncie juga mencatat pertumbuhan pengguna aktif rata-rata 45,5% sejak pertama kali diluncurkan. Saat ini, Kuncie menduduki Top-3 aplikasi edukasi di Google Play Store Indonesia.

Sementara, aplikasi Fita secara resmi telah diperkenalkan Telkomsel sejak November 2021. Fita memiliki keunggulan localized content seputar kesehatan, nutrisi, dan berbagai program olahraga yang telah dikurasi oleh certified coach. 

Saat ini, Fita telah berhasil menduduki peringkat pertama pada kategori Health & Fitness. Fita juga menjadi satu-satunya aplikasi kesehatan lokal di Top 10 Health & Fitness di Google Play Store, yang kini telah diunduh lebih dari 500 ribu kali.

Adapun pertumbuhan pengguna aktif Fita mencapai 10 kali lipat dibandingkan tiga bulan sebelumnya.

“Kehadiran Kuncie dan Fita merupakan beberapa wujud nyata keseriusan Telkomsel untuk mengembangkan digital trifecta perusahaan yang berfokus pada customer-centricity," ujar Hendri.