5 Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Saat di Mobil Agar Tetap Selamat Sampai Tujuan
Gaya Hidup

Benarkah Mengemudi Mobil Tanpa Menyalakan AC Bisa Menghemat Bensin? Ini Penjelasannya

  • Inilah penjelasan apakah benar mengemudi tanpa menyalakan AC bisa menjelaskan bensin.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) membuat banyak orang mengeluh dan memutar otak agar bisa mendapatkan cara untuk menghemat bensin. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa mengemudi tanpa menyalakan AC bisa menghemat bensin. Apakah pendapat tersebut benar? Berikut penjelasannya.

Seperti yang dilansir dari laman Reader’s Digest, sistem AC di mobil ketika beroperasi memang dapat menambah sedikit beban ke mesin yang dapat meningkatkan penggunaan bensin. Akan tetapi, penggunaan ini tidak akan terjadi secara signifikan oleh sebagian besar konsumen.

Untuk menjawab apakah mengemudi tanpa menyalakan AC bisa menghemat bensin atau tidak, hal tersebut tentu harus mempertimbangkan konfigurasi pada kendaraan dan jenis kompresor AC yang digunakan. Mungkin pada tingkat yang sangat tinggi, memang ada sedikit penghematan bensin saat mematikan AC. Akan tetapi, penghematan yang diberikan lebih sedikit dan tidak disadari oleh sebagian besar konsumen.

Jika Anda mempertimbangkan untuk mematikan AC dan memilih membuka jendela, Anda perlu mengingat bahwa pengemudi yang tidak baik adalah pengemudi yang terganggu dan tidak nyaman. Menurunkan atau membuka jendela justru akan membuat pengemudi tidak nyaman dan mengurangi efisiensi bahan bakar.

Menyalakan AC saat mengemudi sebenarnya justru lebih efisien dan menghemat bensin dibandingkan mengemudi dengan jendela terbuka, menurut David Bennett, manajer sistem perbaikan untuk American Automobile Association (AAA) seperti yang dikutip dari laman Reader’s Digest.

Namun, masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat bensin atau bahan bakar yaitu dengan menjaga tekanan ban dan berkendara dengan normal artinya tidak tiba-tiba melaju dengan kencang atau mengerem secara mendadak. Selain itu, Anda juga perlu merawat kendaraan secara rutin dan jika Anda berhenti selama satu menit Anda bisa mencoba untuk mematikan mesin Anda.