Benarkah Puasa Bermanfaat untuk Kesehatan? Ini Buktinya
Gaya Hidup

Benarkah Puasa Bermanfaat untuk Kesehatan? Ini Buktinya

  • Inilah beberapa manfaat puasa termasuk puasa Ramadan untuk kesehatan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Setiap bulan Ramadan, umat muslim di berbagai negara melakukan ibadah puasa. Ibadah puasa di bulan Ramadan ini dikenal memiliki berbagai manfaat.

Seperti yang dilansir dari laman Healthline, puasa terbukti memiliki banyak manfaat kesehatan mulai dari peningkatan penurunan berat badan hingga meningkatkan fungsi otak. Berikut manfaat puasa yang didukung penelitian.

Manfaat Puasa untuk Kesehatan

1. Menjaga gula darah dengan mengurangi resistensi insulin

Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat meningkatkan kontrol gula darah yang sangat berguna bagi mereka yang berisiko terkena diabetes.

Faktanya, satu penelitian pada 10 orang dengan diabetes tipe 2 menunjukkan bahwa puasa intermiten jangka pendek secara signifikan menurunkan kadar gula darah.

2. Melawan peradangan

Peradangan akut adalah proses kekebalan normal yang terjadi pada tubuh untuk membantu melawan infeksi. Namun, peradangan kronis dapat menimbulkan konsekuensi yang serius bagi kesehatan. Beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa dapat membantu menurunkan tingkat peradangan dan meningkatkan kesehatan.

3. Meningkatkan kesehatan jantung

Penyakit jantung dianggap sebagai penyebab utama kematian di seluruh dunia. Perubahan pola makan dan gaya hidup adalah salah satu cara paling efektif untuk mengurangi risiko terkena penyakit jantung. Beberapa penelitian juga telah menemukan bahwa memasukkan puasa ke dalam rutinitas Anda mungkin sangat bermanfaat dalam hal kesehatan jantung.

4. Meningkatkan fungsi otak

Meskipun penelitian sebagian besar terbatas pada penelitian hewan, beberapa penelitian telah menemukan bahwa puasa memiliki efek yang kuat pada kesehatan otak.

Satu studi tahun 2013 pada tikus menunjukkan bahwa berlatih puasa intermiten selama 11 bulan meningkatkan fungsi otak dan struktur otak. Karena puasa juga dapat membantu meredakan peradangan, puasa juga dapat membantu mencegah gangguan neurodegeneratif.

5. Membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme

Penelitian yang dilakukan pada hewan menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme dengan meningkatkan kadar neurotransmitter norepinefrin, yang dapat meningkatkan penurunan berat badan.

Itu tadi beberapa manfaat puasa termasuk puasa Ramadan untuk kesehatan.