bendungan.jpeg
Nasional

Bendungan Pamukkulu di Sulawesi Selatan Targetkan Tuntas Akhir 2023

  • Bendungan Pamukkulu dibangun untuk meningkatkan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan, yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Nasional

Bintang Surya Laksana

TAKALAR - Bendungan Pamukkulu, yang berada di Kabupaten Takalar, Sulawesi Selatan, ditargetkan selesai pada akhir Desember 2023. Bendungan ini memiliki daya tampung efektif 77 juta m3 dan dengan luas genangan 460 ha. 

Melansir situs resmi kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Menteri PUPR, Basuki Hadimuljono, menyebutkan Bendungan Pamukkulu dibangun untuk meningkatkan suplai air bagi lahan pertanian di Provinsi Sulawesi Selatan, yang merupakan salah satu lumbung pangan nasional.

Bendungan Pamukkulu diproyeksikan dapat melayani irigasi seluas 6.188 Ha dan meningkatkan Indeks Pertanian (IP) dari yang semula 183 % menjadi 250 %. Selain itu, bendungan ini juga akan bermanfaat untuk penyediaan air baku dengan kapasitas 160 liter/ detik, pembangkit listrik tenaga air 4,3 MW, dan pengendalian banjir di Kabupaten Takalar.

Kepala Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pompengan Jeneberang Djaya Sukarno mengatakan, “saat ini, progres pembangunan Bendungan Pamukkulu telah mencapai 68%. Kontrak pembangunan bendungan ini sendiri akan selesai pada Desember 2024, tetapi pemerintah menargetkan bendungan ini dapat selesai lebih cepat, yaitu pada Desember 2023.”

Bendungan Pamukkulu dikerjakan dengan total anggaran senilai Rp1,6 triliun melalui 2 paket pekerjaan. Paket 1 pekerjaan berupa sandaran kanan dan kiri, pengeboran angkur plinth, quarry area dilaksanakan oleh PT Wijaya Karya (Persero) - PT Daya Mulia Turangga (KSO) dengan anggaran Rp935,49 miliar. 

Sedangkan untuk paket 2, pekerjaan berupa terowongan inlet, outlet, invert terowongan, crown terowongan, spillway, plinth, intake, dan pemasangan SR dilaksanakan oleh PT Nindya Karya anggaran sebesar Rp891,93 miliar. Untuk konsultan supervisi dilakukan oleh Indra Karya - Virama Karya - Bina Karya.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono telah meninjau pembangunan Bendungan Pamukkulu pada Kamis, 27 Juli 2023. Dalam kunjungannya, Menteri Basuki berpesan kepada para pelaksana untuk selalu memperhatikan pelaksanaan pekerjaan dengan teliti dan hati-hati. “Pekerjaannya sudah bagus. Mohon dipertahankan dan selalu diawasi. Kalau ada masalah, langsung laporkan supaya dapat segera ditangani. Desember 2023 harus sudah selesai,” pesan Menteri Basuki.