<p>Bendungan Tanju di Nusa Tenggara Barat. / Dok. Kementerian PUPR</p>
Nasional

Bendungan Randugunting Ditarget Rampung 2022

  • Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Randugunting dapat beroperasi pada 2022. Kementerian PUPR mengatakan bendungan tersebut akan mendukung penyediaan air di Kabupaten Rembang sebesar 630 ha. “Selain itu, bendungan ini turut membantu penyediaan air baku di Kabupaten Blora (100 liter/detik) dan Kabupaten Pati (50 liter/detik),” tulis Kementerian PUPR, dilansir dari platform […]

Nasional
wahyudatun nisa

wahyudatun nisa

Author

Jakarta-Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) menargetkan pembangunan Bendungan Randugunting dapat beroperasi pada 2022.

Kementerian PUPR mengatakan bendungan tersebut akan mendukung penyediaan air di Kabupaten Rembang sebesar 630 ha.

“Selain itu, bendungan ini turut membantu penyediaan air baku di Kabupaten Blora (100 liter/detik) dan Kabupaten Pati (50 liter/detik),” tulis Kementerian PUPR, dilansir dari platform twitter, Senin, 13 April 2020.

Dalam laman tersebut menyebutkan bendungan yang dibangun sejak November 2018 tersebut telah mencapai progress fisik 32,24%. Adapun, Bendungan ini terletak di aliran Sungai Banyuasin, Kabupaten Blora.

Selain dapat membantu penyediaan air bersih, Kementerian PUPR juga mengatakan bendungan tersebut dapat mengurangi dampak banjir di daerah Jawa Tengah.

Manfaat lainnya, bendungan tersebut memiliki potensi pengembangan pariwisata air sekaligus mereduksi debit banjir sebesar 81,42 m3/detik di wilayah sekitarnya.