Bentuk Awal Keylogging, KGB Pernah Menyadap Mesin Ketik Amerika

  • Jakarta, 2 Januari 2020- Era Perang Dingin memunculkan berbagai drama mata-mata antara Amerika dan Uni Soviet yang akhirnya memunculkan banyak teknologi intelijen yang cerdik. Salah satu perangkat paling menarik adalah keberhasilan badan intelijen Rusia yang dikenal sebagai KGB menyadap mesin ketik yang ada di kedutaan besar Amerika di Moskow. KGB memata-matai pengguna, dengan diam-diam mengirimkan […]

Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

Jakarta, 2 Januari 2020- Era Perang Dingin memunculkan berbagai drama mata-mata antara Amerika dan Uni Soviet yang akhirnya memunculkan banyak teknologi intelijen yang cerdik.

Salah satu perangkat paling menarik adalah keberhasilan badan intelijen Rusia yang dikenal sebagai KGB menyadap mesin ketik yang ada di kedutaan besar Amerika di Moskow. KGB memata-matai pengguna, dengan diam-diam mengirimkan suara tekanan tombolnya ke mereka.

Teknologi ini merupakan bentuk awal keylogging tetapi dilakukan sepenuhnya melalui perangkat keras — bukan perangkat lunak PC

Charles Gandy, seorang insinyur Badan Keamanan Nasional atau National Security Agency (NSA) Amerika diminta mencari tahu apakah kedutaan Amerika di Moskow telah dikompromikan.  Counterintelligence punya alasan untuk percaya bahwa entah bagaimana, informasi yang membahayakan agen intelijen Amerika telah bocor.

Pejabat mencurigai ada pemancar yang ditanam di dalam kantor, mungkin dalam bentuk alat pendengar. Namun, mereka tidak memiliki bukti konkret alat itu ada, dan sapuan kedutaan dari atas ke bawah tidak menemukan pemancar yang pasti.

NSA akhirnya semua perangkat elektronik di kedutaan ke Amerika untuk dipelajari. Mereka menemukan rahasianya: bagian-bagian di dalam mesin tik IBM Selectric telah diduplikasi secara cerdik tetapi dicurangi untuk mengirimkan suara tombol pengetik.

Sebagaimana ditulis Popular Mechanics Rabu (01/01) Ketika mesin tik bekerja, diam-diam menyiarkan penekanan tombol, menggunakan sinyal over-the-air TV  Soviet sebagai bentuk kamuflase elektronik. Ini sebenarnya adalah bentuk non-digital dari malware keylogging yang dipasang oleh peretas pada PC.

Alih-alih merasa marah, Gandy dilaporkan merasakan “salut” dengan para insinyur Soviet yang telah membangun peralatan menguping tersebut. Peralatan itu dirancang dengan sangat cemerlang dan tersembunyi dengan baik sehingga mendapat rasa hormat dari orang-orang yang menemukannya.

Dalam pertempuran intelijen antara mata-mata dari kedua sisi, mesin tik IBM Selectric yang disadap hanyalah salah satu dari banyak cara cerdik sampai pembubaran Uni Soviet tahun 1991.