Masjid Syekh Zayed Solo
Nasional

Berambisi Ubah Wajah Kota Solo, Ini 16 Proyek Prioritas Era Gibran Rakabuming

  • Tak henti-hentinya membuat masyarakat berdecak kagum dengan wajah baru Kota Solo yang sekarang, ternyata pemerintah Kota Solo memang menargetkan Kota Solo menjadi Kota wisata dalam waktu dekat.
Nasional
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

SOLO - Tak henti berbenah, Solo gencar menggarap proyek-proyek baru hingga revitalisasi beberapa tahun terakhir. Meski luas wilayahnya tak sampai 50 kilometer persegi, hingga sekarang Solo masih menjadi sentral untuk kawasan eks Karesidenan Solo Raya yang terdiri dari Kabupaten Karanganyar, Kabupaten Sragen, Kabupaten Wonogiri, Kabupaten Sukoharjo, Kabupaten Klaten, dan Kabupaten Boyolali.

Tak henti-hentinya membuat masyarakat berdecak kagum dengan wajah baru Kota Solo yang sekarang, ternyata pemerintah kota memang menargetkan Solo menjadi Kota wisata dalam waktu dekat.

Dilansir dari akun sosial media Twitter sang Walikota yaitu Gibran, berikut adalah 16 titik prioritas Pembangunan Kota Solo.

1. Pembangunan Masjid Raya Syekh Zayed Solo

Masjid ini sudah banyak dikunjungi wisatawan dan diresmikan secara langsung oleh Presiden Jokowi. Masjid yang digadang-gadang akan menjadi destinasi wisata religi terbaru di Kota Solo ini akan ditambah dengan pembangunan Islamic Center yang berdekatan.

2. Pembangunan Islamic Center

Pembangunan Islamic Center ini akan dijadikan sebagai pusat pendidikan dan pengajaran dalam Islam, untuk lokasinya pun masih satu kompleks dengan Masjid Syekh Zayed.

3. Pembangunan Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo

Akan menjadi rel layang terpanjang di Indonesia. Keberadaan Elevated Rail Simpang Tujuh Joglo diharapkan mampu mempermudah mobilitas, mengurangi kemacetan, dan mengangkat perekonomian Kota Solo.

4. Revitalisasi Technopark

Solo technopark yang berlokasi di Kecamatan Jebres ini akan dikembangkan menjadi pusat pengembangan UMKM, pelatihan cyber security, pelatihan gaming hingga pembuatan bed untuk rumah sakit.

5. Revitalisasi Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto

Twitter Gibran Rakabuming

Sudah kelar digarap pada bulan Januari 2023 kemarin, kawasan Ngarsopuro dan Koridor Gatot Subroto akan menjadi sentra UMKM, dan budaya. Selain pedestriannya yang cantik dan siap diadu dengan Mlioboro. Kawasan ini juga akan menyediakan area pementasan seni budaya masyarakat.

6. Revitalisasi Kebun Binatang Jurug

Twitter Gibran Rakabuming

Sudah mulai beroperasi tanggal 27 Januari 2023 kemarin, Kebun Binatang Jurug yang tampil dengan wajah baru sebagai Solo Safari menyajikan wisata kebun binatang modern dengan pertunjukan hewan seperti berada di lingkungan habitat aslinya.

7. Pembangunan Shelter Manahan

Selesai digarap bulan Desember 2022 kemarin, penataan shelter Manahan sebagai ruang publik menjadi lebih tertata dan modern sehingga lebih nyaman untuk aktivitas olahraga.

8. Revitalisasi Lokananta

Ditargetkan selesai pada bulan April 2023, nantinya Lokananta bakal menjadi Creative hub khusus seniman dan pemusik yang terinspirasi drama serial Korea berjudul StartUp dengan daya tarik "Sandbox".

9. Revitalisasi Taman Balekambang Solo

Megaproyek dengan nilai kontrak lebih Rp 154 triliun ini akan menjadikan Taman Balekambang sebagai pusat kebudayaan Jawa, penataanya meliputi perbaikan dan penambahan fasilitas rehabilitasi gedung kesenian dan artwork area open stage. Pengerjaan proyek dilaksanakan mulai dari 19 September-Desember 2023.

10. Revitalisasi Sentra IKM Meubel Gilingan

Sentra IKM Meubel Gilingan mulai direvitalisasi per bulan Juli 2022. Upaya ini tak lain untuk meningkatkan kualitas meubel sekaligus menjadikannya sebagai pusat meubel di Solo dan disiapkan sebagai meubel layak ekspor.

11. Revitalisasi Pasar Jongke

Pasar Jongke akan mulai direvitalisasi per bulan Mei 2023 dengan anggaran mencapai Rp185 Miliar. Revitalisasi Pasar Jongke akan digabung dengan Pasar Kabangan dimulai dengan mengusung konsep bersih dan hidup. Jumlah kios dan los akan diperbanyak hingga 1.545 unit.

12. Revitalisasi Puro Mangkunegaran

Twitter Gubran Rakabuming

Telah selesai direvitalisasi, keseluruhan konsep revitalisasi Puro Mangkunegaran dilandaskan pada warisan kekayaan akar budaya serta sejarah panjang yang dimiliki oleh Praja Mangkunegaran.

13. Pembangunan Museum of Culture and Technology

Keberadaan museum ini akan dijadikan sebagai Solo Exhibition Center yang berskala Internasional. Museum ini juga dilengkapi dengan meeting room, shopping area dan office area yang bisa menampung hingga 12.000 orang. Pembangunan ini mulai berlangsung dari bulan Januari 2023 dan ditargetkan selesai pada bulan September 2024.

14. Pembangunan PLTSa Putri Cempo

Sampah dan TPA menjadi permasalahan tersendiri bagi setiap kota. Upaya pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah ini adalah wujud terobosan Pemerintah Kota Solo dalam menangani tumpukan sampah yang mencapai 14,9 juta ton setahun. PLTSa ini juga menjadi solusi TPA yang oveload sejak 2010.

15.Revitalisasi GOR Indoor Manahan

Revitalisasi ini meliputi penyelesaian infrastruktur olahraga ini baru berjalan 60%, nantinya digunakan untuk cabang olahraga berstandar internasional seperti bulutangkis, voli, tenis, basket dll.

16. Penataan Kawasan Kumuh Semanggi-Mojo

Twitter Gibran Rakabuming

Kawasan Semanggi-Mojo dikenal sebagai kawasan yang kumuh. Pemerintah Kota Solo ingin menghilangkan citra itu dengan pembangunan lahan seluas 3,72 hektar yang telah  digarap sejak tahun 2021. Upaya revitalisasi Semanggi-Mojo ini diharapkan bakal jadi percontohan nasional dalam pengentasan kawasan kumuh.   

Nah, berikut tadi adalah 16 titik prioritas pembangunan di Kota Solo. Sudah siap menyambut wajah baru Solo?