<p>Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump / Reuters</p>
Nasional & Dunia

Berapa Banyak Orang Yang dapat Terinfeksi Corona dari Trump?

  • WASHINGTON-Presiden Amerika Donald Trump dinyatakan positif mengidap virus korona baru. Pertanyaannya berapa banyak orang yang bisa tertular virus yang dia bawa? Biasanya, pelacak kontak mencoba menghitung kontak dekat seseorang mulai sekitar dua hari sebelum mereka mulai menunjukkan gejala. Tetapi ketika orang yang dimaksud adalah Presiden Amerika Serikat, daftar itu bisa menjadi sangat besar, sangat cepat, […]

Nasional & Dunia
Amirudin Zuhri

Amirudin Zuhri

Author

WASHINGTON-Presiden Amerika Donald Trump dinyatakan positif mengidap virus korona baru. Pertanyaannya berapa banyak orang yang bisa tertular virus yang dia bawa?

Biasanya, pelacak kontak mencoba menghitung kontak dekat seseorang mulai sekitar dua hari sebelum mereka mulai menunjukkan gejala. Tetapi ketika orang yang dimaksud adalah Presiden Amerika Serikat, daftar itu bisa menjadi sangat besar, sangat cepat, dan pelacakan kontak bisa menjadi mimpi buruk.

Misalnya, Trump menghadiri sekitar 15 acara di berbagai negara bagian, dari debat presiden 2020 hingga penggalangan dana dan demonstrasi selama beberapa hari terakhir. The New York Times melaporkan setidaknya untuk beberapa waktu, virus kemungkinan besar berkembang biak secara diam-diam di tubuhnya.

George Rutherford, profesor epidemiologi dan biostatistik di Universitas California, San Francisco mengatakan melihat dia jarang memakai masker di depan umum dan terus menghadiri acara yang tidak mengikuti pedoman jarak sosial, dia kemungkinan besar menyebarkan virus ke orang lain.

Rutherford menambahkan secara khusus, presiden kemungkinan akan sangat menularkan virus pada Kamis 1 Oktober 2020 ketika dia terbang ke penggalangan dana swasta di resor Bedminster di New Jersey.

“Ada kemungkinan bahwa penggalangan dana ini akan berubah menjadi acara superspreading,” kata Rutherford. “Dia bisa saja menginfeksi banyak orang.”

Pelacakan kontak

Biasanya, ketika seseorang terinfeksi virus corona baru, pelacak kontak akan menelepon orang itu dan membuat daftar orang-orang yang telah berinteraksi dengannya. Pelacak kontak kemudian akan memanggil semua orang yang berpotensi terpapar ini untuk memperingatkan mereka harus melakukan karantina sendiri dan mendapatkan tes untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

Tetapi karena Trump baru-baru ini berinteraksi dengan begitu banyak orang, termasuk pejabat tinggi pemerintah lainnya, menemukan dan berhubungan dengan semua kontaknya akan menjadi tugas yang sangat berat.

Entitas normal mungkin tidak dipercaya atau tidak dapat melakukan penelusuran. “Saya curiga mereka tidak akan menyerahkannya ke departemen kesehatan Washington D.C, tapi mungkin Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) atau Secret Service akan mencoba pelacakan kontak untuk presiden,” kata Rutherford kepada Live Science 3 Oktober 2020.

Menurut Rutherford pelacak kontak biasanya mundur ke 48 jam sejak seseorang mulai menunjukkan gejala untuk mengidentifikasi kontak dekat, atau mereka yang telah bersama selama setidaknya 15 menit dalam jarak 1,8 meter satu sama lain.

Rutherford menjelaskan jika seseorang terinfeksi pada Hari 0, rata-rata orang tersebut dites positif pada Hari ke-3, mereka menjadi menular pada Hari ke-4, mengalami gejala pada Hari ke-5 dan tetap menjadi yang paling menular (tubuh memiliki viral load tertinggi) sampai sekitar hari ke-7 atau 8.

“Jika presiden memang diuji setiap hari, seperti yang kami dengar, itu berarti dia akan dites negatif pada Senin, Selasa [dan] Rabu,” sebelum dinyatakan positif pada Kamis (1 Oktober 2020),” kata Rutherford.

Trump dan Melania dites virus tersebut setelah berita bahwa pembantu dekat Trump, Hope Hicks, dinyatakan positif terkena virus. Hicks baru-baru ini bepergian dengan Trump di atas pesawat Air Force One ke debat presiden di Cleveland pada Selasa (29 September) dan ke rapat umum Minnesota pada Rabu (30 September).

Kepala staf Gedung Putih Mark Meadows kepada wartawan 2 Oktober 2020  mengatakan Trump mengalami “gejala ringan,” Tetapi Trump kemudian dibawa ke Pusat Medis Walter Reed sebagai tindakan kehati-hatian.

“Jika Anda memberikan waktu 12 jam antara waktu dia dites positif pada Kamis malam dan menunjukkan gejala, dia mungkin sedang di hari ke-5 sekarang,” kata Rutherford.  Itu kemungkinan berarti dia terinfeksi virus pada hari Senin.

Perkiraan lain menempatkan tanggal pemaparan antara Sabtu lalu dan Senin, menurut Buzzfeed News. Pada hari Sabtu 26 September 2020, Trump mengumumkan Hakim Amy Coney Barrett sebagai calon Mahkamah Agungnya di acara Taman Mawar Gedung Putih yang besar di mana banyak peserta tidak mengenakan masker.

Tapi tentu saja, ini adalah angka rata-rata dan garis waktu ini bisa berbeda. “Ini semua didasarkan pada pemikiran bahwa dia dites negatif selama ini,” kata Rutherford.  

“Mereka mungkin tidak mengujinya setiap hari,” tambahnya. Pada bulan Juli, Trump mengatakan dia biasanya diuji setiap dua hingga tiga hari, menurut CNN.

Pada Senin 28 September 2020, Trump menghadiri acara di White House South Lawn yang mensurvei truk Lordstown Motors bersama dengan dua anggota Kongres dan tiga perwakilan dari perusahaan. Ia pun menggelar acara di Rose Garden yang dihadiri banyak pejabat, untuk mengumumkan penyebaran jutaan tes virus corona ke negara bagian.

Itu berarti Trump mungkin telah terinfeksi sebelum debat presiden 2020 dengan Joe Biden pada hari Selasa, tetapi mungkin tidak memiliki cukup viral load untuk dites positif. Terlebih lagi, beberapa pembantu dekat Trump mengatakan mereka merasakan Trump tidak enak badan dan tampak kelelahan pada hari Rabu, menurut Bloomberg. Itu akan mendorong mundur timeline dan bisa berarti dia menular selama debat, menurut The Atlantic.

Siapa Yang Terinfeksi?

Untuk mengendalikan wabah, pelacak kontak perlu bertanya siapa yang menginfeksi presiden, siapa lagi yang mungkin terpapar, dan siapa lagi yang mungkin terpapar oleh presiden, kata Rutherford.

Salah satu peristiwa prioritas utama untuk diselidiki adalah penggalangan dana Bedminster, karena Trump jelas-jelas menularkan virus pada saat itu, kata Rutherford. Karena ini penggalangan dana, mungkin mudah bagi pelacak kontak untuk mendapatkan daftar siapa yang hadir. NJ.com melaporkan bahwa sebanyak 300 orang menghadiri acara itu.

Selain daftar tamu untuk acara ini dan acara lainnya, pelacak kontak juga akan memerlukan daftar orang yang terbang bersama Trump ke acara sepanjang minggu.

Sudah ada sejumlah orang di lingkaran dekat Trump, atau yang telah menghadiri acara dengan Trump, yang telah mengumumkan dinyatakan positif terkena virus. Selain Hope Hicks, Senator Mike Lee dan presiden Universitas Notre Dame, Pdt. John I. Jenkins, keduanya dinyatakan positif mengidap virus corona.  Keduanya menghadiri acara Gedung Putih untuk Hakim Amy Coney Barrett Sabtu 26 September 2020.

Jumlah orang yang terinfeksi di sekitar Trump mungkin bertambah dalam beberapa hari mendatang, karena semakin banyak tes positif yang masuk. Selain itu, sebuah memo dari Asosiasi Koresponden Gedung Putih mengungkapkan bahwa seorang staf Gedung Putih yang duduk di area juga positf, seorang jurnalis menerima hasil awal positif dan seorang jurnalis yang terakhir berada di Gedung Putih pada hari Sabtu dan melakukan perjalanan dengan Air Force One ke rapat umum Pennsylvania malam itu juga dinyatakan positif.

Sejumlah kontak dekat presiden juga telah mengumumkan hasil tes negatif awal, termasuk mantan Wakil Presiden Joe Biden dan istrinya, Jill Biden, Wakil Presiden Mike Pence dan istrinya, Menteri Keuangan Steven Mnuchin, Menteri Luar Negeri Mike Pompeo, Jaksa Agung William Barr, Ivanka Trump dan Jared Kushner. Ketua DPR Nancy Pelosi, Senator Dianne Feinstein dan mantan Gubernur New Jersey Chris Christie masih menunggu hasil tes COVID-19 mereka, menurut laporan berita.

Tetapi hasil tes negatif tidak selalu berarti seseorang tidak terinfeksi; mungkin saja virus tersebut belum berkembang biak di dalam tubuh cukup untuk muncul dalam tes.