Gaya Hidup

Berawal dari Garasi, Kini Jadi Perusahaan Raksasa Dunia

  • Mendirikan suatu usaha memang tidaklah mudah, butuh modal awal, pemikiran yang matang dan strategi didalamnya. Apalagi jika harus memulai semuanya dari nol.
Gaya Hidup
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA-Mendirikan suatu usaha memang tidaklah mudah, butuh modal awal, pemikiran yang matang dan strategi didalamnya. Apalagi jika harus memulai semuanya dari nol.

Nyatanya beberapa perusahaan besar memulai bisnisnya dari garasi rumah loh. Bahkan salah satu pemiliknya masuk dalam jajaran orang terkaya di dunia.

Berikut TrenAsia.com rangkum 5 perusahaan besar dunia yang memualai perjalanan bisnisnya dari garasi.

1. Apple
Steve Jobs dan Steve Wozniak mulai merakit komputer pertama mereka di garasi keluarga Jobs. Dalam garasi tersebut keduanya bertukar pikiran dan merencanakan pembuatan produk di sana.

Hingga 2017, Apple berhasil menjadi salah satu perusahaan IT terbesar di dunia. Tentunya ragam inovasi telah tercipta, tak hanya perangkat komputer, tapi juga ponsel iPhone, iPod, dan iPad.

2. Google
Google yang didirirkan oleh Larry Page dan Sergey Brin memulai bisnisnya dengan menyewa sebuah garasi di Kota Menlo Park, California pada 1998. Keduanya tertarik dengan gagasan untuk mengekstraksi makna dari kumpulan data yang terkumpul di Internet.

Siapa angka dari hal itu, justru membawa mereka ke gerbang kesuksesan. Google mulai meledak pada 2000 dan Google menjadi salah satu mesin pencari untuk situs paling populer saat itu yaitu Yahoo!.

3. Amazon 
Era 1994 Jeff Bezoz mendirikan toko buku online miliknya di sebuah garasi. Tempat tersebut ada pintu tua yang berfungsi sebagai meja.

Dari sana, Amazon menjadi salah satu toko online terbesar di dunia, setiap harinya marketpalce ini tak henti melakukan banyak transaksi untuk memenuhi kebutuhan konsumennya. Jeff Bezos, juga memiliki perusahaan penerbangan luar angkasa yang didanai secara pribadi dan perusahaan jasa luar angkasa bernama Blue Origin.

4. Walt Disney
Roy dan Walt Disney merekam film animasi pertama mereka di garasi mobil paman mereka. Sekarang The Walt Disney Company adalah media terlaris di dunia yang memproduksi film dan bahkan memiliki taman hiburan juga saluran TV.

5. Microsoft 
Pendiri Microsoft, Bill Gates dan Paul Allen mulai mendirikan perusahaan ini di sebuah garasi yang terletak di Kota Albuquerque, California.Di tempat inilah menulis bahasa versi pemrograman BASIC. Allen membuat simulator untuk Altair sementara Gates mengembangkan interpreter

Siapa sangka pada 2012, Microsoft menjadi besar hingga mendominasi pasar sistem operasi PC dan pasar perangkat lunak perkantoran bersama dengan Microsoft Office.