Lisa BLACKPINK
Hiburan

Beredar Rumor Lisa Cabut dari BLACKPINK, Saham YG Entertainment Melemah

  • Saham YG Entertainment dilaporkan melemah setelah rumor Lisa tidak memperpanjang kontrak dengan BLACKPINK yang akan habis Agustus 2023 mendatang.

Hiburan

Alvin Pasza Bagaskara

JAKARTA – Saham YG Entertainment melemah setelah beredar rumor Lisa tidak memperpanjang kontrak dengan BLACKPINK. Kontrak Lisa diketahui  habis pada Agustus 2023 mendatang. 

Melansir Munhwa Ilbo, Rabu 12 Juli 2023 belum ada informasi lanjut terkait perpanjangan kontrak antara Idol asal Thailand tersebut dengan raksasa entertaiment Korea .Pasalnya, sampai kini kedua belah pihak urung sepakat soal harga. 

Rumor cabutnya Lisa dari BLACKPINK berimbas terhadap saham YG Entertainment melemah dibandingkan dengan satu hari sebelumnya.

Berdasarkan pantauan TrenAsia.com pada laman TradingView, Rabu, 12 Juli 2023, saham YG Entertainment berada di harga 74.300 Won atau kisaran Rp842 ribu (asumsi kurs Rp11 per Won) per lembar saham penutupan waktu setempat. 

Sementara itu, pada 11 Juli 2023 saat penutupan bursa saham Korea, pukul 16.30 waktu setempat, saham YG Entertainment berada di angka 78.900 Won Korea.  Nilai saham ini sekaligus menjadi saham terendah YG Entertainment sejak 11 Mei 2023 . Kala itu saham perusahaan ditutup pada angka 66.700 Won Korea.

Tanggapan YG Entertainment

Rumor kemungkinan Lisa BLACKPINK meninngalkan YG Entertainment  pertama kali dikatakan oleh salah satu agensi China.  

“Kami telah mengoordinasikan jadwal YG dan Lisa untuk melihat apakah mereka akan tampil di acara tersebut. Tetapi mereka baru-baru ini mereka  memberi tahu kami bahwa sulit untuk mendiskusikan jadwal setelah Agustus karena pembaruan kontrak dengan Lisa tidak jelas,” ujar narasumber anonim dari YG  saat diwawancara Munhwa Ilbo pada 11 Juli 2023 lalu. 

Sementara itu, YG Entertainment mengatakan alotnya pembicaraan kontrak Lisa disebabkan oleh padatnya jadwal tur BLACKPINK. 

“Itu karena tur dan jadwal pribadi, dan tidak ada hubungannya dengan status (ulang) kontrak," ungkap perwakilan YG Entertainment. 

Negosiasi Kontrak Jisoo, Jennie, Rose Lancar 

Berdasarkan sumber yang diperoleh Munhwa Ilbo dari orang dalam industri mengatakan bahwa negosiasi kontrak tiga member BLACKPINK, Jisoo, Jennie,  Rose relatif cair dan lancar.   

“Kami mempersempit jarak antara satu sama lain dan memutuskan untuk menemani mereka setelah memperbarui kontrak,” jelasnya. 

BLACKPINK yang debut pada 8 Agustus 2016 akan habis masa kontraknya pada Agustus 2023 mendatang.

Meski kontraknya akan habis, BLACKPINK masih menjalani tur dunia bertajuk BORNPINK yang kabarnya mampu mencatatkan 1,5 juta orang penonton di seluruh dunia. 

Dengan demikain, jika hitung secara matematis asumsi harga tiket rata-rata 120.000 won atau setara (Rp.1.400.000). Pendapatan tur dunia BLACKPINK 180 miliar won atau setara (Rp2.7 triliun).