<p>PC, Laptop, dan tablet, buatan Apple / Pixabay</p>

Berkah Pandemi, Pengiriman Komputer di Dunia Tembus Rekor Tertinggi 10 tahun

  • JAKARTA – Hasil dari lembaga riset global Gartner menunjukkan, pengiriman komputer pribadi (PC) di seluruh dunia mencapai 275 juta unit sepanjang 2020. Jumlah ini meningkat 4,8 % dari catatan pada 2019, dan merupakan pertumbuhan tahunan tertinggi dalam 10 tahun terakhir. Kinerja ciamik itu terdorong kebijakan jaga jarak sosial dalam rangka menekan laju penyebaran COVID-19 di […]

Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Hasil dari lembaga riset global Gartner menunjukkan, pengiriman komputer pribadi (PC) di seluruh dunia mencapai 275 juta unit sepanjang 2020.

Jumlah ini meningkat 4,8 % dari catatan pada 2019, dan merupakan pertumbuhan tahunan tertinggi dalam 10 tahun terakhir.

Kinerja ciamik itu terdorong kebijakan jaga jarak sosial dalam rangka menekan laju penyebaran COVID-19 di hampir semua negara. Kebijakan ini praktis membuat permintaan komputer untuk kegiatan bekerja dan belajar dari rumah meningkat.

“Bahkan, pada kuartal IV-2020, pengiriman PC di seluruh dunia mencapai 79,4 juta unit, naik 10,7 persen secara tahunan,” tulis publikasi Gartner, mengutip dari Antara, Minggu, 17 Januari 2021.

Secara peringkat pengiriman, Lenovo Group mencatat pengiriman tertinggi pada 2020 dengan capaian sebanyak 72,7 juta unit, naik 12% secara tahunan. Di posisi kedua dan ketiga, produsen PC selanjutnya yang berhasil mengirim PC terbanyak adalah HP dan Dell.

Berkah dari pandemi COVID-19 tak hanya mendorong peningkatan permintaan konsumen, melainkan juga menciptakan peluang untuk memperluas pasar.

Di sisi lain, pengeluaran bisnis PC tetap terbilang rendah pada kuartal IV-2020. Namun, di beberapa wilayah seperti China di mana ekonomi telah mulai pulih karena penurunan COVID-19, pertumbuhan bisnis sedikit menguat.

Gartner menyebut, momentum pertumbuhan pengiriman PC ini kemungkinan akan berlanjut hingga setidaknya paruh pertama tahun ini.

Terutama jika perubahan dalam kehidupan sehari-hari masyarakat seperti pendidikan secara daring dan bekerja secara jarak jauh terus berlanjut di era pasca-pandemi. (SKO)