Nasional

Kapasitas 352 Tempat Tidur, RS Darurat Asrama Haji Donohudan Siap Operasi 2 Agustus

  • Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah turut disiapkan menjadi rumah sakit (RS) darurat untuk COVID-19. RS darurat COVID-19 ini akan dipakai untuk masyarakat Solo Raya, yang termasuk Solo, Boyolali, Sragen, dan Klaten.
Nasional
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Asrama Haji Donohudan di Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah turut disiapkan menjadi rumah sakit (RS) darurat untuk COVID-19. RS darurat COVID-19 ini akan dipakai untuk masyarakat Solo Raya, yang termasuk Solo, Boyolali, Sragen, dan Klaten.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya sedang menyiapkan Gedung Madinah di Asrama Haji Donohudan untuk fasilitas isolasi dan penanganan pasien COVID-19 berkapasitas 352 tempat tidur (TT).

“Terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT high care unit (HCU) dengan melibatkan sebanyak 128 pekerja. Mudah-mudahan 31 Juli 2021 sudah selesai semua dan Alat Kesehatan (Alkes) masuk, sehingga 2 Agustus 2021 besok sudah bisa dioperasikan,” ujarnya dalam keterangan resmi, Rabu, 28 Juli 2021. 

Menurutnya, angka kasus di Solo Raya dan Yogyakarta masih tinggi dari hasil evaluasi PPKM Level 4. 

“Bahkan pasien dari Klaten juga dibawa ke sini,” ujarnya. 

RS darurat COVID-19 di Asrama Haji Donohudan ini nantinya diperuntukkan bagi pasien dengan gejala ringan dan sedang di Solo Raya. 

Renovasi Asrama Haji Donohudan dikerjakan oleh Balai Prasara Permukiman Wilayah (BPPW) Jawa Tengah dengan menyiapkan Gedung Madinah berkapasitas 352 Tempat Tidur (TT) terdiri dari 344 TT Perawatan dan 8 TT High Care Unit (HCU). 

Kontraktor pelaksana adalah BUMN PT Waskita Karya (Persero) Tbk WSKT) dengan anggaran sebesar Rp30 miliar dan saat ini progres konstruksinya telah mencapai 40%.

Asrama Haji Donohudan yang difungsikan menjadi rumah sakit darurat menampung pasien COVID -19 tersebut berlokasi di Kecamatan Ngemplak, Kabupaten Boyolali, Provinsi Jawa Tengah.

RS darurat tersebut berfasilitas HCU, poliklinik, nurse station, ruang screening, laboratorium, ruang isolasi VIP, ruang isolasi blok A-E, ruang petugas, ruang dokter dan perawat, ruang logistik, rekam medik, x-ray mobile, transit jenazah, area penerimaan makanan, dan petugas in-out. 

Selain Asrama Haji Donohudan, Kementerian PUPR bersama Provinsi Jawa Tengah juga  menyiapkan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah (BPSDMD) atau Diklat Provinsi Jawa Tengah di Srondol, Semarang sebagai lokasi Isoter.