<p>Karyawan melintas di depan layar pergerakan indeks harga saham gabungan (IHSG) gedung Bursa Efek Indonesia (BEI) Jakarta, Senin, 21 Juni 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

Berkat Peserta Tapera, Jumlah SID di KSEI Tembus 9,33 Juta

  • JAKARTA – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melaporkan, Jumlah Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID) yang tercatat telah mencapai 9.335.798. Data tersebut dikemukakan oleh Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo dalam penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) KSEI, Rabu 30 Juni 2021. Usut punya usut, kenaikan signifikan jumlah SID didorong oleh masuknya […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – PT Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) melaporkan, Jumlah Nomor Tunggal Identitas Pemodal (Single Investor Identification/SID) yang tercatat telah mencapai 9.335.798.

Data tersebut dikemukakan oleh Direktur Utama KSEI Uriep Budhi Prasetyo dalam penyelenggaraan Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) KSEI, Rabu 30 Juni 2021.

Usut punya usut, kenaikan signifikan jumlah SID didorong oleh masuknya peserta Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) sebanyak 3,91 juta dalam Sistem Multi Investasi Terpadu (S-MULTIVEST) KSEI, yang beroperasi sejak 10 Juni lalu.

“Konsep identitas tunggal yang telah digunakan KSEI untuk mengembangkan nomor SID terbukti mampu menjadi identifikasi investor di pasar modal dimanfaatkan juga untuk produk keuangan lain di luar pasar modal,” kata Uriep dikutip dari laman resmi, Kamis 1 Juli 2021.

Dalam RUPST, telah disetujui penyesuaian masa jabatan anggota Dewan Komisaris dan Direksi KSEI dari 3 tahun menjadi 4 tahun. Hal ini dilakukan untuk memenuhi Peraturan OJK nomor 3/POJK.04/2021 tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal.

Pasal 102 POJK tersebut menyatakan bahwa anggota Dewan Komisaris dan Direksi Lembaga Kliring dan Penjaminan atau Lembaga Penyimpanan dan Penyelesaian diangkat untuk masa jabatan selama 4 tahun dan dapat diangkat kembali.

RUPST dihadiri oleh 5.580 lembar saham atau sebesar 94,90% saham dari seluruh saham dengan hak suara yang sah yang telah dikeluarkan oleh Perseroan sampai dengan tanggal Rapat yaitu sejumlah 5.880 saham. (RCS)