Aplikasi Tokopedia
Flobamoraku

Berkat Tokopedia, Pesanan Pasar Tradisional di Tasikmalaya Melonjak 4 Kali Lipat

  • Platform marketplace Tokopedia terus melakukan upaya kerja sama dengan pegiat usaha termasuk pasar tradisional di Jawa Barat. Salah satunya adalah Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, yang penjualannya meningkat empat kali lipat setelah bekerja sama dengan Tokopedia.

Flobamoraku
Reza Pahlevi

Reza Pahlevi

Author

JAKARTA – Platform marketplace Tokopedia terus melakukan upaya kerja sama dengan pegiat usaha termasuk pasar tradisional di Jawa Barat. Salah satunya adalah Pasar Cikurubuk, Tasikmalaya, yang penjualannya meningkat empat kali lipat setelah bekerja sama dengan Tokopedia.

“Sejak bergabung dengan Tokopedia, perlahan jumlah pesanan di Pasar Cikurubuk Online mulai naik hingga lebih dari 4x lipat dibandingkan sebelumnya,” ungkap Ketua Himpunan Pedagang Kota Tasikmalaya (Hippatas) Achmad Jahid dalam siaran pers, dikutip Sabtu, 3 April 2021.

Achmad menyebutkan juga Pasar Cikurubuk Online telah menyokong lebih dari 100 pedagang setempat yang terdampak pandemi COVID-19.

Pasar Cikurubuk menjadi pasar tradisional pertama yang melakukan penjualan lewat Tokopedia. Hal ini dicapai lewat kerja sama Tokopedia dan Pemerintah Kota (Pemkot) Tasikmalaya pada April 2020 lalu.

Selain memastikan kualitas produk yang ditawarkan oleh seluruh penjual, koperasi pasar juga aktif menggunakan beragam fitur di Tokopedia, mulai dari TopAds dan Bebas Ongkir hingga turut serta dalam kampanye yang diadakan Tokopedia, seperti Karnaval Pengguna Baru.

Selain Pasar Cikurubuk, juga ada Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka yang berkolaborasi dengan melakukan digitalisasi pasar bersama Tokopedia di tengah pandemi ini. Kini, sudah ada lebih dari 100 pedagang Pasar Cicalengka yang menjual produknya lewat Tokopedia.

“Selama kuartal 1 tahun 2021, Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka telah mencatatkan peningkatan jumlah pesanan hingga lebih dari dua kali lipat,” ujar Assistant Manager Koperasi Konsumen Pedagang Pasar Raja Cicalengka Ridzky Alfaridzi.

Head of Regional Growth Expansion Tokopedia Trian Nugroho mengatakan Pasar Cikurubuk dan Pasar Sehat Sabilulungan Cicalengka menjadi contoh pasar tradisional yang terdampak positif selama pandemi COVID-19.

“Kami akan terus berupaya mempercepat adopsi platform digital bagi sebanyak-banyaknya pasar tradisional demi membantu pemulihan ekonomi nasional,” tutupnya.