TrenAsia ESG Award 2023 menjadi ajang penghargaan untuk perusahaan-perusahaan yang menerapkan aspek environment, social, and governance (ESG). Sebanyak 58 perusahaan dan 4 CEO meraih penghargaan dalam acara yang digelar di Raffles Hotel Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.
Korporasi

Berkomitmen dalam Efisiensi Energi, Pelindo Raih Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023

  • PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meraih penghargaan di ajang TrenAsia ESG Award 2023.
Korporasi
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Pelabuhan Indonesia (Persero) atau Pelindo meraih penghargaan di ajang TrenAsia ESG Award 2023 berkat komitmennya dalam mengupayakan efisiensi energi demi ekosistem yang berkelanjutan.

Penghargaan TrenAsia ESG Award 2023 kategori Transportation Infrastructure dengan predikat Action dianugerahkan kepada Pelindo atas komitmen perseroan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) ini dalam menerapkan prinsip lingkungan, sosial, dan tata kelola (environmental, social, and governance/ESG).

Peraihan penghargaan ini diumumkan pada acara Awarding Night TrenAsia ESG Award 2023 yang diselenggarakan di Hotel Raffles Jakarta, Rabu, 30 Agustus 2023.

Dalam komitmennya mengedepankan nilai lingkungan, Pelindo menyentuh beberapa bidang, di antara lain pengelolaan bahan baku/material, pengelolaan energi, pengelolaan air, pengelolaan emisi, pengelolaan limbah, dan keanekaragaman hayati.

Keenam bidang tersebut menjadi fokus perusahaan dalam ikut menjaga lingkungan yang berkelanjutan agar setiap proses kegiatannya tidak mengganggu keseimbangan alam, dikutip dari Laporan Keberlanjutan Pelindo, Rabu 2 Agustus 2023.

Terkait dengan pengelolaan bahan baku/material, Pelindo berupaya memaksimalkan penggunaan teknologi untuk mengurangi bahan baku material.

Pelindo berkomitmen menghemat penggunaan kertas dengan beralih menggunakan teknologi informasi terkini, seperti WhatsApp, email dan lainnya.

Komitmen tersebut diinisiasi dalam rangka mengurangi penebangan pohon sebagai bahan baku kertas. Penggunaan kertas masih dimungkinkan apabila untuk keperluan khusus seperti pembuatan dokumen kontrak dan sejenisnya.

Terkait pengelolaan energi, Pelindo menerapkan kebijakan efiesiensi dengan mengembangkan dan membangun Building Automation System (BAS) dan Smart Panel yang mendukung efisiensi sistem kelistrikan gedung.

Pelindo juga mengembangkan perangkat Remote Crane Management and Monitoring System (RCMMS) guna memperoleh profil penggunaan energi dengan lebih cepat dan akurat. Kebijakan tersebut merupakan pilot program penerapan teknologi hemat energi pada alat bongkar muat

Pelindo turut memperhatikan pengelolaan air dalam bidang usahanya. Air pada Perusahaan ini dipasok dengan memanfaatkan fasilitas pengelolaan air bersih dengan teknologi Sea Water Reverse Osmosis (SWRO).

Sistem ini menggunakan air laut yang dimurnikan dan disuling untuk kebutuhan non-konsumsi seperti kebutuhan sanitasi dan kebutuhan penunjang operasional lainnya termasuk kebutuhan air untuk kapal.

Pelindo mengurangi ketergantungan penggunaan air tanah ataupun air bersih dari sumber lainnya dengan pemanfaatan air laut sebagai air baku sehingga turut melestarikan air tanah dan air permukaan.

Keberadaan emisi juga diperhatikan oleh Pelindo. Terdapat dua metode yang dilakukan untuk mengendalikan emisi yakni pemantauan dan pengelolaan.

Pemantauan merupakan pengukuran emisi secara langsung seperti pada kendaraan/peralatan (crane & genset) ataupun kualitas udara pada suatu area (indoor & outdoor/ambient).

Direktur Utama PT Tren Media Berjejaring Sukirno mengatakan TrenAsia ESG Award yang memasuki tahun kedua ini hadir untuk merekam jejak perusahaan-perusahaan yang telah menerapkan prinsip ESG dalam bisnisnya.

Ajang penghargaan ini diharapkan menjadi penyemangat bagi pelaku bisnis bahwa upaya-upaya perusahaan menjaga keberlanjutan akan terus diingat oleh masyarakat, konsumen, dan pemangku kepentingan.

“TrenAsia ESG Award 2023 memberikan apresiasi setinggi-tingginya terhadap perusahaan yang telah menjalankan bisnis dengan tetap memperhatikan aspek lingkungan, menjalankan fungsi tanggung jawab sosial, serta memiliki tata keuangan yang baik,” kata Sukirno di Raffles Jakarta, pada Rabu, 30 Agustus 2023.

Ketua Dewan Juri TrenAsia ESG Award Mas Achmad Daniri mengungkapkan aspek ESG telah menjadi topik yang sangat penting di berbagai kalangan, baik pelaku usaha, pemerintah, maupun investor. Bukan hanya di tingkat global, kesadaran masyarakat Indonesia akan ESG ini semakin tajam.

Daniri meyakini bahwa dengan praktik ESG, perusahaan bukan hanya bisa mengejar laba dan imbal hasil besar, tapi fokus bagaimana keuntungan tersebut memberikan dampak positif bagi lingkungan dan masyarakat.  

Hal ini pun terbukti dari perusahaan-perusahaan yang telah mengedepankan ESG, lebih tahan banting dan mampu memberikan hasil investasi yang berkelanjutan.

“Perusahaan dinilai bukan hanya berdasarkan kinerja keuangan dan program-program tahunan, namun komitmen dan konsistensinya terhadap bisnis berkelanjutan. Dalam proses penilaian, Dewan Juri TrenAsia ESG Award menemukan banyak fakta menarik dari beragam inisiatif dan implementasi ESG yang telah dilakukan perusahaan, baik dalam laporan maupun fakta di lapangan,” ujar Daniri.