bendungan 1.jpeg
Infrastruktur

Beroperasi Juni 2024, Bendungan Sepaku Semoi Jadi Sumber Air Minum Penduduk IKN

  • Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bisa beroperasi pada Juni 2024.
Infrastruktur
Laila Ramdhini

Laila Ramdhini

Author

JAKARTA - Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mengungkapkan Instalasi Pengolahan Air (IPA) Bendungan Sepaku Semoi di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, bisa beroperasi pada Juni 2024.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dalam tinjauannya mengungkapkan progres pembangunannya IPA Sepaku Semoi hingga saat ini telah mencapai 28,8%.

"Ditargetkan bisa mulai dioperasikan pada Juni 2024," ujarnya, dikutip Kamis, 18 Januari 2024. Jaringan IPA ini adalah sumber air minum utama bagi seluruh penduduk IKN nantinya," kata Basuki, dikutip Kamis, 24 Januari 2024.

Basuki berpesan agar pekerjaan konstruksi dilaksanakan secara detail dan cepat dengan memperhatikan kualitas dan ketepatan desain.

Direktur Jenderal Cipta Karya Diana Kusumastuti memaparkan, pada tahap pertama sedang dibangun IPA berkapasitas 300 liter/detik yang diambil dari Intake Sungai Sepaku. IPA tersebut juga dilengkapi pembangunan 2 reservoir induk dengan kapasitas masing-masing 6.000 m3 dan bangunan pendukung.

"IPA tersebut akan dilengkapi jaringan perpipaan dengan panjang sekitar 20 km ke KIPP IKN," kata dia.

Pembangunan IPA Sepaku Semoi tahap 1 dilaksanakan oleh PT Adhi Karya (Persero) Tbk - PT Brantas Abipraya KSO selaku kontraktor pelaksana dan KSO PT Virama Karya - Areng MP - PT Waseco Tirta selaku konsultan MK. Adapun biaya pembangunannya sebesar Rp328,18 miliar.