Nasional

Bersama Erick Thohir Kunjungi Sarinah, Megawati Bersyukur Peninggalan Bung Karno Diremajakan

  • Megawati Soekarnoputri bersyukur warisan seni peninggalan Bung Karno yang tersemat dalam relief berhasil di pugar kembali
Nasional
Muhammad Heriyanto

Muhammad Heriyanto

Author

JAKARTA -- Presiden kelima Indonesia Megawati Soekarnoputri meninjau Gedung Sarinah yang baru rampung direnovasi. 

Dia bersyukur warisan seni peninggalan Bung Karno yang tersemat dalam relief berhasil di pugar kembali.

“Terutama mengenai dipasangnya kembali ornamen relief yang ternyata setelah Bung Karno tidak jadi presiden lagi, relief itu sepertinya dalam tanda kutip disembunyikan. Tapi akhirnya Alhamdulillah dapat dikembalikan," ujar Megawati dalam keterangan resmi, dikutip Selasa, 14 Juni 2022.

Anak kedua proklamator Indonesia itu menyebut relief di Sarinah adalah peninggalan sejarah dan seni yang penting bagi Indonesia. Dia bersyukur peninggalan itu kini dapat dinikmati oleh generasi muda yang berkunjung ke Sarinah.

"Menurut saya dari sisi seni itu luar biasa sekali karena mungkin anak muda sekarang mungkin belum mengetahui. Jadi dari sisi makna itu bukan main, Indonesia ini punya seniman yang sebetulnya maestro," ujar Megawati. 

Dalam kunjungan yang sama, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir mengakui pemugaran Sarinah bukan sekadar pemugaran fisik semata. Lebih dari itu, ini adalah misi besar untuk memulihkan kembali sejarah bangsa yang selama ini agak terlupakan. 

Pemugaran gedung 15 lantai yang merupakan aset BUMN ini diharapakan jadi pengingat sejarah bagi generasi muda.

"Seperti yang saya sampaikan kepada Ibu Mega dan telah saya laporkan kepada bapak Jokowi, saya rasa sarana ini adalah sejarah yang hampir terlupakan," ujar Erick.