Presiden Joko Widodo bersama ibu negara menunaikan salat Iduladha di Masjid Istiqlal, Jakarta
Nasional

Bersama Ibu Negara, Jokowi Laksanakan Shalat Ied di Istiqlal

  • Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu Negara Iriana melaksanakan ibadah salat Iduladha 1443 hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Minggu, 10 Juli 2022.
Nasional
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) bersama ibu Negara Iriana melaksanakan ibadah salat Iduladha 1443 hijriah di Masjid Istiqlal, Jakarta Minggu, 10 Juli 2022. 

Pelaksanaan salat Iduladha di istiqlal dipimpin oleh Salim Ghazali sebagai imam. Sementara khotbah dilakukan oleh Ketua Badan Wakaf Indonesia Pusat, Mohammad Nuh dengan mengangkat tema “Semangat Gotong Royong Perkuat Sendi Kebinekaan”.

Kepala Sekretariat Kabinet Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono menerangkan bahwa pelaksanaan salat Iduladha di Istiqlal tidak hanya diikuti oleh masyarakat umum, tetapi juga oleh para pejabat negara hingga perwakilan negara sahabat.

“Para dubes negara sahabat juga hadir, termasuk perwakilan dari organisasi massa Islam,” kata Heru.

Pada penyelenggaraan ibadah kurban tahun ini, Presiden Jokowi menyerahkan hewan kurban di Masjid Istiqlal berupa satu ekor sapi berjenis Simental dengan bobot 1 ton. Tidak hanya di masjid Istiqlal, Presiden turut menyerahkan hewan kurban di 34 provinsi berbeda Tanah Air.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, di Istiqlal Bapak Presiden menyerahkan seekor sapi. Per provinsi 1 (sapi), beratnya kurang lebih kita harapkan minimal 800 kilogram sampai 1 ton,” ungkap Heru.