Ilustrasi pendaftaran asuransi syariah.
IKNB

Bersama Maybank, Allianz Luncurkan Produk Asuransi Jiwa Tradisional Syariah Pertama

  • Produk ini dirancang untuk memberikan perlindungan finansial bagi keluarga agar tetap terlindungi dan dapat melanjutkan rencana masa depan mereka, terutama dalam menghadapi risiko keuangan yang tidak terduga.
IKNB
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA - PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia (Allianz Syariah) dan PT Bank Maybank Indonesia, Tbk (Maybank Indonesia) telah mengumumkan peluncuran MyProtection RENCANA Syariah, sebuah produk asuransi jiwa tradisional syariah pertama yang diluncurkan oleh Allianz.

MyProtection RENCANA Syariah adalah hasil kolaborasi antara Allianz Syariah dan Maybank Indonesia dalam upaya menyediakan solusi yang sesuai dengan prinsip syariah bagi nasabah mereka. 

Produk ini dirancang untuk memberikan perlindungan finansial bagi keluarga agar tetap terlindungi dan dapat melanjutkan rencana masa depan mereka, terutama dalam menghadapi risiko keuangan yang tidak terduga.

Baca Juga: Spin-off UUS, PT Asuransi Allianz Life Syariah Indonesia Resmi Didirikan

Menurut Achmad K. Permana, Direktur Utama Allianz Syariah Indonesia, MyProtection RENCANA Syariah merupakan produk asuransi tradisional syariah pertama yang diluncurkan oleh perusahaan ini. 

“Ini merupakan salah satu wujud komitmen yang kami lakukan untuk terus memberikan perlindungan finansial kepada nasabah dan melengkapi solusi proteksi dari Allianz Syariah dan Maybank Indonesia yang sudah ada sebelumnya. Dengan adanya produk ini, kami berharap masyarakat dapat merencanakan finansial keluarga dengan produk yang tepat, sekaligus juga berbagi kebaikan dengan sesama sesuai prinsip syariah,” ujar Achmad dikutip dari pengumuman resmi, Rabu, 20 Maret 2024. 

Sementara itu, Steffano Ridwan, Direktur Community Financial Services Maybank Indonesia, menyambut baik peluncuran MyProtection RENCANA Syariah ini. 

Dia menyatakan bahwa kolaborasi bancassurance antara Maybank Indonesia dan Allianz Syariah terus menguat, khususnya dengan menyajikan solusi bancassurance tradisional yang diminati oleh masyarakat Indonesia. 

Peluncuran ini juga sejalan dengan strategi besar Maybank Group M25+ dalam memperkuat Islamic banking solution sebagai perbedaan kunci di tengah persaingan industri perbankan yang ketat.

Baca Juga: Allianz Utama Catatkan Pertumbuhan 12 Persen pada Kuartal III-2023

“Tak hanya itu, MyProtection RENCANA Syariah juga sejalan dengan strategi ‘Shariah First’ yang telah diusung sejak 2014, mengutamakan penawaran serta keunggulan solusi dan layanan syariah sebagai pilihan pertama untuk nasabah,” ujar Steffano.

Produk asuransi MyProtection RENCANA Syariah dihadirkan kedua perusahaan sebagai solusi untuk melindungi keluarga dari risiko finansial yang mungkin terjadi, seperti tidak tercapainya rencana keuangan atau meninggal dunia.

MyProtection RENCANA Syariah menawarkan beberapa manfaat, termasuk manfaat Tahapan RENCANA yang dibayarkan di akhir tahun polis ke-11, serta santunan asuransi yang dibayarkan di akhir tahun polis ke-18 jika tertanggung masih hidup sampai akhir masa asuransi. 

Produk ini juga memberikan manfaat meninggal dunia dalam dua tahun pertama sejak polis berlaku, serta manfaat tambahan jika meninggal dunia akibat kecelakaan.

Selain itu, MyProtection RENCANA Syariah juga memberikan fitur wakaf yang memungkinkan peserta asuransi untuk berbagi kebaikan dengan masyarakat melalui lembaga wakaf yang terdaftar.

Romy Buchari, Head Shariah Banking Maybank Indonesia, menjelaskan bahwa MyProtection RENCANA Syariah tidak hanya memenuhi kebutuhan perlindungan finansial nasabah, tetapi juga mendukung pendekatan wealth management MySWM yang diperkenalkan kepada nasabah belakangan ini. 

Baca Juga: Gandeng Bank BJB, Allianz Life Tawarkan Beragam Pilihan Asuransi

Produk ini tidak hanya melindungi aset finansial nasabah dari risiko, tetapi juga membantu mereka untuk berbagi kepada sesama melalui fitur wakaf yang tersedia.

“MyProtection RENCANA Syariah tidak hanya memenuhi kaidah wealth preservation dengan memberikan perlindungan aset finansial nasabah dari risiko tetapi juga memenuhi kaidah wealth purification, yakni menyucikan harta serta membantu nasabah untuk berbagi kepada sesama melalui fitur wakaf pada solusi tersebut. Nasabah pun dapat memetik manfaat dari segi ketenangan hidup maupun keberkahan spiritual dengan berwakaf,” papar Romy.   

Ancilla Lily, Country Chief Bancassurance Officer Allianz Indonesia, menegaskan bahwa solusi bancassurance dari Allianz Syariah dan Maybank Indonesia bertujuan untuk membantu nasabah dalam mempersiapkan masa depan dan mencapai kualitas hidup yang tetap terjaga. 

“Hadirnya MyProtection RENCANA Syariah juga semakin memperkaya rangkaian solusi asuransi yang disediakan Allianz Indonesia bagi nasabah Maybank Indonesia yang memiliki kebutuhan proteksi finansial yang kian beragam. Semua ini sejalan dengan tujuan Allianz Indonesia untuk terus melindungi masa depan lebih banyak masyarakat Indonesia,” ungkap Ancilla.