uss helena.jpg
Dunia

Bersamaan dengan Rusia, Kapal Selam AS Juga Merapat ke Kuba

  • Amerika sangat jarang mempublikasikan lokasi kapal selam mereka. Dan pernyataan Komando Selatan kemungkinan besar dimaksudkan untuk meredakan ketegangan

Dunia

Amirudin Zuhri

JAKARTA-Saat gugus tugas Angkatan Laut Rusia berlabuh di Havana Kuba, kapal selam serang  kelas Los Angeles bertenaga nuklir USS Helena milik Amerika juga tiba di Teluk Guantanamo. Daerah, di pantai tenggara negara pulau itu.

Para pejabat Amerika mengatakan kunjungan Helena ke pelabuhan tidak ada hubungannya dengan kehadiran salah satu kapal selam nuklir tercanggih Rusia di Kuba. 

“Kunjungan itu merupakan bagian dari kunjungan pelabuhan rutin saat transit di wilayah tanggung jawab geografis Komando Selatan Amerika. Sambil menjalankan misi keamanan maritim global dan pertahanan nasional,” demikian keterangan  Komando Selatan Amerika Kamis 13 Juni 2024 melalui akun X. 

Komando Selatan mengatakan lokasi dan transit kapal telah direncanakan sebelumnya. Meski begitu, kemunculan kapal selam di Teluk Guantanamo akan sangat kebetulan, jika memang benar demikian. 

Amerika sangat jarang mempublikasikan lokasi kapal selam mereka. Dan pernyataan Komando Selatan kemungkinan besar dimaksudkan untuk meredakan ketegangan. Atau sekaligus mengirim pesan setelah kapal selam bertenaga nuklir kelas Yasen-M milik Rusia, Kazan tiba di ibu kota Kuba Havana pada hari Rabu. 

Kazan seperti diketahui adalah salah satu dari empat kapal angkatan laut Rusia yang dikirim ke Karibia. Tiga kapal lainnya ada fregat Admiral Gorshkov , kapal tunda  Nikolai Chiker  dan kapal tanker pengisian ulang  Academic Pashin.

Bukan Kali Pertama

Berlabuhnya kapal selam nuklir Amerika ke Teluk Guantanamo bukanlah hal yang tidak pernah terdengar. Juli 2023  , kunjungan kapal selam kelas Los Angeles USS Pasadena memicu kemarahan di Havana. Kementerian Luar Negeri Kuba saat itu menyebut kunjungan itu sebagai eskalasi yang provokatif.

Saat itu Angkatan Laut Amerika mengatakan kunjungan ke pelabuhan Gitmo adalah perhentian logistik terjadwal. Ketika kapal selam tersebut transit ke Kolombia untuk berpartisipasi dalam latihan maritim multinasional.

Mengingat tanggapan musim panas lalu terhadap kunjungan Pasadena , jelas kunjungan USS Hellena bersamaan dengan kedatangan armada Rusia tidak akan luput dari perhatian Havana.

Kapal-kapal Angkatan Laut Rusia tiba di Kuba ketika perselisihan meningkat antara Moskow dan Washington. Hal ini diperburuk oleh  Amerika dan negara-negara lain yang mengizinkan senjata menyerang wilayah Rusia.

Masih harus dilihat apakah Angkatan Laut Amerika memindahkan aset lain ke wilayah tersebut. Meskipun kedatangan kapal selam nuklir AS di Guantamo tampaknya hanya kebetulan, faktanya kini terdapat banyak kekuatan angkatan laut di wilayah tersebut pada saat yang sangat menegangkan.