Dalam pertemuan di Moskow, Rusia, Presiden Putin menyampaikan jaminan keamanan pasokan pangan dan pupuk dari kedua negara yang sedang berseteru itu.
Dunia

Bertemu Jokowi, Vladimir Putin Menjamin Keamanan Pasokan Global

  • Presiden Joko Widodo menyampaikan jaminan dari Rusia atas keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.
Dunia
Fadel Surur

Fadel Surur

Author

MOSKOW - Presiden Joko Widodo menyampaikan jaminan dari Rusia atas keamanan pasokan pangan dan pupuk dari Ukraina dan Rusia.

Dalam pertemuan dengan Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow pada hari Kamis, 30 Juni lalu, Presiden Jokowi juga menyampaikan posisi Indonesia yang ingin berkontribusi bagi perdamaian dunia. 

“Situasi saat ini masih sangat sulit, namun penyelesaian damai penting untuk terus dikedepankan dan ruang dialog terus dibuka,” terang Jokowi seperti dikutip dari akun Twitternya. 

Ia berharap bahwa krisis global yang terjadi akibat perang antara Rusia dan Ukraina dapat segera terselesaikan. 

Seperti yang diketahui, perang itu telah menyebabkan gangguan besar terhadap perdagangan dan pasokan global. 

Blokade pada pelabuhan di Ukraina oleh Rusia dipercaya menjadi penyebab lonjakan harga komoditas seperti gandum. Namun, hal itu dibantah secara langsung oleh Presiden Putin.

Keadaan ini diperparah dengan sanksi terhadap komoditas Rusia seperti minyak, gas, dan pupuk oleh sejumlah negara.

Perjalanan Presiden Jokowi ke Moskow adalah akhir dari pertemuan dengan kedua negara yang sedang berseteru. Sebelumnya, presiden mengunjungi Kyiv untuk berdiskusi dengan Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy. 

Selanjutnya, Presiden Jokowi akan melanjutkan perjalanan ke Abu Dhabi untuk bertemu dengan Presiden PEA Sheikh Mohamed bin Zayed bin Sultan Al Nahyan.