Kolaborasi Universitas Hamzanwadi dan Bhinneka untuk platform Campus Marketplace. Sumber: hamzanwadiexpo.bhinneka.com
Tekno

Bhinneka.com dan Universitas Hamzanwadi NTB Berkolaborasi Hadirkan Platform Campus Marketplace

  • Bhinneka.com dan Universitas Hamzanwadi NTB berkolaborasi menghadirkan platform Campus Marketplace untuk mendukung praktik kewirausahaan di institusi pendidikan.
Tekno
Idham Nur Indrajaya

Idham Nur Indrajaya

Author

JAKARTA – Bhinneka.com berkolaborasi dengan Universitas Hamzanwadi Nusa Tenggara Barat (NTB) menghadirkan platform Campus Marketplace. 

Sebagai perusahaan teknologi e-commerce di Indonesia, Bhinneka berupaya untuk terus menjalin kolaborasi dengan berbagai pihak untuk membukakan akses pemanfaatan teknologi business super ecosystem

Dengan platform Campus Marketplace yang bisa diakses melalui hamzanwadiexpo.bhinneka.com, civitas akademika dapat menuai manfaat dengan menjadikan platform itu layaknya laboratorium praktik kewirausahaan

Selain itu, Campus Marketplace pun bermanfaat untuk pengembangan ekonomi digital yang dikembangkan oleh Yayasan Pendidikan Hamzanwadi Nahdlatul Wathan Diniyah Islamiyah (NWDI) Pancor, Lombok Timur. 

“Di Bhinneka, kami meyakini bahwa teknologi yang terjangkau dapat berdampak signifikan bagi berbagai kemajuan termasuk pengembangan ekonomi di lingkungan pondok pesantren. 

Begitu pula dengan campus e-marketplace, yang sudah diadopsi lebih dari sepuluh lingkungan perguruan tinggi di berbagai kota Indonesia, dan kini juga hadir di Universitas Hamzanwadi sebagai salah satu perguruan tinggi swasta terbaik di Nusa Tenggara Barat,” ujar Chief of Commercial and Omni Channel (COCO) Bhinneka Vensia Tjhin dalam keterangan resmi, Selasa, 8 Februari 2022.

Campus Marketplace pertama kali diluncurkan pada pertengahan 2020 dan kini sudah ada di beberapa perguruan tinggi di Jakarta, Cikarang, Yogyakarta, Bandung Sidoarjo, dan Tegal. 

Melalui platform Campus Marketplace, mahasiswa dapat belajar untuk memulai usaha secara digital dari lingkungan kampus sebagai tahap awal sebelum terjun di pasar yang lebih luas. 

Di samping itu, kebutuhan warga kampus pun bisa dipenuhi oleh sesama rekan civitas akademi lewat Campus Marketplace sehingga pemberdayaan ekonomi dapat dimulai dari institusi Pendidikan sebagai pencetak sumber daya manusia unggulan. 

Vensia pun mengatkaan, Campus Marketplacet Hamzanwadi Expo tidak hanya diperuntukkan bagi mahasiswa, tapi juga terbuka untuk dosen, staf, alumni, sampai UMKM eksternal di lingkungan pondok pesantren NWDI baik sebagai pedagang maupun pembeli. 

“Untuk produk-produk unggulan terkurasi pun nantinya juga tersedia bagi pengguna Bhinneka secara umum di seluruh Indonesia,” katanya. 

Hamzanwadiexpo.bhinneka.com resmi diluncurkan dalam Hamzanwadi Expo 2022 yang digelar Sabtu, 5 Februari 2022.

Pada saat itu, ada lebih dari 70 UMKM mahasiswa dan alumni Universitas Hamzanwadi yang memamerkan produk unggulan mereka dalam perhelatan tersebut.

Kepala Unit Pusat Inovasi dan Inkubator Bisnis Universitas Hamzanwadi mengatakan, terdapat lebih dari 10 ribu santri di Yayasan NWDI. Dengan potensi sebesar itu, pihak universitas pun berupaya mengembangkan ekonomi berbasis digital untuk mengingkatkan kompetensi lulusan berdaya saing unggul. 

Selain melayani transaksi UMKM, Campus Marketplace pun bisa melayani pembelian produk seperti pulsa, paket data, pengisian dompet digital, pembayaran tagihan listrik atau air, BPJS, dan kebutuhan lainnya. 

Campus Marketplace pun saat ini tengah dikembangkan untuk dapat melayani pembayaran biaya kuliah. Hal itu dinilai oleh Bhinneka sebagai suatu terobosan yang strategis bagi kampus dan dapat menjadi penunjang ekonomi di lingkungan institusi Pendidikan.