Industri

Bhinneka Gandeng Pos Indonesia Perluas Jangkauan Logistik ke Daerah

  • Perusahaan e-commerce Bhinneka bekerja sama dengan PT Pos Indonesia untuk membangun sistem pergudangan dan distribusi.
Industri
Muhammad Farhan Syah

Muhammad Farhan Syah

Author

JAKARTA – PT Bhinneka Mentari Dimensi (Bhinneka) meneken kerja sama dengan PT Pos Indonesia (persero) untuk saling bersinergi dalam membangun sistem pergudangan dan pendistribusian yang optimal dari hulu ke hilir.

Kolaborasi juga disebut sebagai langkah strategis terbaik bagi kedua perusahaan untuk saling memperkuat ekosistem bisnisnya. Terlebih dengan kapabilitas dari Pos Indonesia yang diketahui sudah berpengalaman dalam hal layanan distribusi.

“Cakupan wilayah layanan PT Pos Indonesia hingga daerah terpencil sekalipun sangat memungkinkan dalam menciptakan biaya yang jauh lebih bersaing dan cepat untuk proses distribusi,” ujar Didi, dalam keterangan yang diterima TrenAsia.com, Minggu, 19 Desember 2021.

Lebih lanjut, Didi juga menjelaskan kerja sama ini nantinya memberikan keunggulan dari sisi pemasaran produk badan usaha milik negara (BUMN) dan usaha mikro kecil menengah (UMKM) di Bhinneka.

Sebelumnya, kerja sama Bhinneka dengan perusahaan layanan pos pelat merah tersebut tercipta setelah melihat adanya kebutuhan pasar di sektor B2B e-commerce yang terus bertumbuh 15,2% setiap tahunnya  (Kenneth Research), sehingga kerja sama dilakukan untuk menyikapi hal tersebut.

Dengan adanya kerja sama tersebut, nantinya Bhinneka dan Pos Indonesia tidak hanya sebatas memasarkan dan mengirimkan produk ke pembeli, tetapi juga diharapkan dapat menaungi para pelaku bisnis dari berbagai skala dan sektor pada e-commerce tersebut.

Data dari Asosiasi Logistik Indonesia (ALI) tahun 2021 menyebutkan bahwa arus pengiriman barang mengalami pertumbuhan pesat hingga 40% selama masa pandemi, sehingga industri e-commerce terus menggeliat hingga menembus angka transaksi Rp395 triliun (Laporan Bank Indonesia 2021).

Berdasarkan pada data tersebut, artinya industri e-commerce dan logistik berpeluang untuk memiliki andil serta peranan yang besar dalam rangka kebangkitan dan pemulihan ekonomi di tahun 2022 kelak.

Sehingga diharapkan, dengan adanya kerja sama tersebut, baik Bhinneka atau Pos Indonesia juga dapat memberikan sebuah dampak yang besar dalam kebangkitan ekonomi digital di tahun depan.