<p>Pegawai menghitung uang dolar Amerika Serikat (AS) di gerai penukaran mata uang asing PT Ayu Masagung, Jakarta, Rabu (4/3/2020). Cadangan devisa di Bank Indonesia merosot demi stabilisasi nilai tukar rupiah.. ANTARA FOTO/Aprillio Akbar/hp.</p>
Nasional

BI: Cadangan Devisa RI Mei 2023 Turun ke US$139,3 Miliar

  • Bank Indonesia (BI) mengumumkan besaran cadangan devisa Indonesia pada bulan Mei 2023 sebesar US$139,3 miliar.

Nasional

Muhammad Farhan Syah

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) mengumumkan besaran cadangan devisa Indonesia pada bulan Mei 2023 sebesar US$139,3 miliar.

Angka tersebut terpantau turun dibandingkan dengan posisi pada April 2023.

"Posisi cadangan devisa Indonesia pada akhir Mei 2023 tetap tinggi sebesar US$139,3 miliar, meskipun menurun dibandingkan dengan posisi pada akhir April 2023 sebesar US$144,2 miliar," kata kepala Departemen Komunikasi BI Erwin Haryono Jum'at, 9 Mei 2023.

Erwin turut menjeleaskan beberapa faktor yang mempengaruhi penurunan posisi cadangan devisa pada periode Mei 2023.

Antara lain kebutuhan pembayaran utang luar negeri pemerintah dan antisipasi kebutuhan likuiditas valas perbankan seiring dengan meningkatnya aktivitas perekonomian.

Meskipun terjadi penurunan, BI menerangkan bahwa posisi cadangan devisa tersebut masih tetap tinggi dan aman.

Erwin menjelaskan bahwa cadangan devisa ini setara dengan pembiayaan 6,1 bulan impor atau 6,0 bulan impor dan pembayaran utang luar negeri pemerintah.

Selain itu, posisi cadangan devisa juga berada di atas standar kecukupan internasional yang berada pada takaran sekitar 3 bulan impor.

Lebih lanjut, BI berkomitmen untuk terus memperkuat ketahanan sektor eksternal.

"Sejalan dengan bauran kebijakan yang ditempuh Bank Indonesia dalam menjaga stabilitas makroekonomi dan sistem keuangan untuk mendukung pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan," pungkasnya.