Berapa Banyak Uang Tunai yang Harus Disimpan di Rumah?
Industri

BI Siapkan Uang Tunai Rp195 Triliun untuk Lebaran 2023

  • Bank Indonesia telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan yaitu hari raya Idul Fitri Tahun 2023
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Bank Indonesia (BI) telah menyiapkan uang tunai sebesar Rp195 triliun dalam rangka menyambut Hari Besar Keagamaan yaitu hari raya Idul Fitri Tahun 2023. Penyediaan uang tunai tersebut meningkat 8,22% dibandingkan Ramadan pada tahun lalu.

Direktur Eksekutif Departemen Pengelolaan Uang BI, Marlison Hakim mengungkapkan, penyediaan uang tunai tersebut meningkat 8,22% dibandingkan Ramadan pada tahun lalu.

"Berdasarkan rencana penarikan oleh perbankan secara nasional, tahun ini Bank Indonesia menyiapkan uang tunai untuk Ramadan dan Idul Fitri sebesar Rp195 triliun atau meningkat 8,22 persen dibandingkan Ramadan tahun lalu," katanya dalam kick off Serambi 2023 pada Senin, 20 Maret 2023.

Marlison menjelaskan, jika saat ini Bank Indonesia telah menyediakan sebanyak di 5.066 kantor atau titik layanan untuk penukaran uang tunai menjelang hari raya Idul Fitri atau terdapat penambahan lokasi atau meningkat 8%.

Menurutnya adanya kenaikan penambahan lokasi ini menunjukkan bagaimana respon masyarakat dan pertumbuhan ekonomi telah kembali pulih. Kegiatan Serambi "Semarak Rupiah Ramadhan dan berkah Idul Fitri 2023, akan dilaksanakan secara nasional yang mulai 20 Maret - 20 April 2023.

Masyarakat dapat menukarkan uang dalam kurun waktu tersebut, serta perbankan juga melakukan kas keliling secara terpadu, baik di Jakarta maupun di beberapa daerah. Khusus Jakarta atau wilayah Jabodetabek perbankan akan menetapkan 599 titik layanan oleh 55 bank.

Kemudian 16 bank yang hadir pada hari ini akan melakukan kas keliling secara terpadu bersama-sama. BI juga menyiapkan kas keliling pada titik-titik yang tidak dilayani oleh perbankan. Kas keliling itu ditempatkan di tempat keramaian seperti terminal dan pasar.