<p>Gubernur Bank Indonesia, Perry Warjiyo dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara virtual, Kamis, 18 Februari 2021/ Tangkapan layar TrenAsia.com</p>
Industri

BI Turunkan Suku Bunga Acuan Jadi 3,5 Persen

  • JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) 25 bps ke level 3,5% dari sebelumnya 3,75%. Selain itu, suku bunga deposit facility juga turun 25 bps ke level 2,75% dan suku bunga lending facility turun 25 bps sebesar 4,25%. Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan keputusan mempertahankan BI […]

Industri
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Bank Indonesia (BI) memutuskan untuk kembali menurunkan suku bunga acuan atau BI 7-Day Reverse Repo Rate (BI7DRR) 25 bps ke level 3,5% dari sebelumnya 3,75%.

Selain itu, suku bunga deposit facility juga turun 25 bps ke level 2,75% dan suku bunga lending facility turun 25 bps sebesar 4,25%.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengungkapkan keputusan mempertahankan BI Rate tersebut konsisten dengan perkiraan inflasi yang tetap rendah dan stabilitas eksternal yang tetap terjaga.

“Keputusan ini juga merupakan upaya kami untuk mendukung pemulihan ekonomi nasional,” kata Perry, dalam Rapat Dewan Gubernur (RDG) BI secara virtual, Kamis, 18 Februari 2021.

Perry menuturkan BI akan terus bersinergi dengan pemerintah dan otoritas terkait lainnya dalam mendukung kebijakan lanjutan. Hal ini untuk membangun optimisme pemulihan ekonomi nasional melalui pembukaan sektor-sektor produktif dan aman.

Akselarasi stimulus fiskal, penyaluran kredit perbankan dari sisi permintaan dan penawaran. Lalu juga melanjutkan stimulus moneter dan makroprudensial serta mengakselarasi digitalisasi ekonomi dan keuangan.