<p>Sekelompok wanita karir Jepang berjalan di distrik yang menjadi pusat bisnis di kota Tokyo<br />
Sumber; Reuters</p>
Gaya Hidup

Biang Kerok Karir Hacur, Jangan Lakukan Hal Ini Saat Mulai Kerja

  • Mengasah kemauan belajar sekaligus mengecap kegagal pada awal karir penting dilakukan
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Membuat kesalahan di tempat kerja saat baru masuk merupakan hal wajar. Namun, beberapa kesalahan rupanya lebih berbahaya daripada yang lainnya.

Bukan melulu berkaitan dengan atasan, biang kerok hancurnya karir Anda bahkan berasal dari diri sendiri.

Mengutip laman CNBC Internasional Minggu 14 Mei 2023, Jenny Cheng, Wakil presiden sekaligus menejer umum Google Wallet mengatakan kesalahan terburuk yang sering dilakukan pekerja muda pada awal karirnya adalah mengharapkan sesuatu terjadi lantaran Anda mengganggap diri Anda pantas mendapatkannya.

Lebih rinci, Cheng menuturkan kesalahan yang pernah dilakukannya saat muda. Kala perta merintis karir, Ia memulainya dengan bekerja di Deloitte sebagai konsultan senior tak lama setelah lulus dari University of California, Berkeley.

Pada awal karir, ia mengatakan menghabiskan sebagian besar awal usia 20-an berjuang untuk mengadvokasi dirinya sendiri di tempat kerja.

“Saya ingat pernah berpikir bahwa saya akan dipromosikan karena saya melakukan pekerjaan dengan sangat baik, tetapi menurut saya kesalahannya adalah tidak menyadari bahwa ini bukan hanya tentang prestasi,” kenangnya.

Apa yang harus dilakukan

1. Vokal menyampaikan pendapat

Anda harus jelas dan vokal tentang apa yang Anda inginkan di tempat kerja. Ini harus tetap dilakukan bahkan jika Anda yakin telah mendapatkan promosi, kenaikan gaji, atau jenis pengakuan lainnya. Ia menyarankan, sebagai karyawan,

“Cari peluang itu, lalu posisikan diri Anda untuk itu. Ajukan Diri Anda. Setelah itu, Anda hanya perlu meminta pertanggungjawaban manajer Anda untuk memberi Anda kesempatan yang diberikan dengan menghubungi mereka dan meminta info terbaru,” lanjut Cheng.

Meski pada awalnya Anda akan merasa canggung untuk meminta mengemban tanggung jawa saat memulai karir, Cheng mengatakan kepercayaan diri adalah poin penting bagi peningkatan karir.

"Jika Anda mengharapkan promosi atau kenaikan gaji terjadi tanpa berbicara tentang apa sebenarnya yang Anda inginkan, Anda berisiko menghentikan karier Anda atau memperlambat perkembangan Anda,” kata Cheng.

2. Terus Gagal dan Belajar

Mengasah kemauan belajar sekaligus mengecap kegagal pada awal karir penting dilakukan agar Anda bisa terus tumbuh dan berkembang secara profesional.

Namun, hal tersebut tak dilakukan di awal karir saja, melainkan secara terus menerus meski Anda telah mencapai puncak karir.

Cheng menceritakan masa lalunya ketika dirinya bekerja di Deloitte. Saat itu, salah satu pimpinan senior mengatakan kepada dirinya bahwa meskipun lebih tua, bukan berarti Ia tahu lebih banyak dari Cheng.

“Sungguh menggembirakan mendengar, bahwa bahkan para pemimpin di puncak tidak mengetahui semuanya, jadi saya dapat menghilangkan tekanan dari diri saya sendiri untuk melakukan hal yang sama,” ujar Cheng.

Saat menduduki puncak karir, Cheng banyak menerima komentar semacam itu. Lantaran Ia menduduki posisi sebagai atasan, banyak yang mengira bahwa Cheng tahu segalanya.

"Saya terus-menerus mengingatkan orang bahwa saya tidak tahu segalanya, karena jika saya melakukannya, pekerjaan saya akan sangat, sangat membosankan,” tambahnya.