Nampak pembeli tengah berbelanja di sebuah gerai waralaba di kawasan Tangerang. Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Gaya Hidup

Biaya Hidup Makin Naik, Ini Cara Berhemat saat Belanja Bulanan

  • Inilah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang ketika belanja bulanan.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Mungkin Anda merasa bahwa belanjaan Anda mungkin lebih mahal akhir-akhir ini. Tidak mengherankan jika banyak orang yang mulai mengeluhkan biaya hidup yang makin naik.

Meski begitu, Anda bisa mencoba menghemat dengan berhati-hati saat belanja dengan perencanaan yang cermat. Berikut cara berhemat saat Anda harus belanja bulanan.

Perhatikan Isi Rumah dan Dapur

Sebelum Anda berangkat untuk belanja bulanan, coba periksa baik-baik dapur, lemari es, dan freezer. Ada kemungkinan Anda masih memiliki salah satu bahan yang akan Anda beli.

Buat Daftar Belanja, Periksa Dua Kali

Sebelum belanja, cobalah untuk membuat daftar belanja dan patuhi daftar tersebut. Setelah membuat daftar belanja, cobalah untuk memeriksa daftar tersebut dua kali untuk memastikan tidak ada bahan yang terlewat dan tidak ada barang yang dibeli padahal tidak terlalu dibutuhkan.

Beli Buah dan Sayuran Utuh

Buah dan sayuran yang sudah dipotong memang tampak menggiurkan dan menggoda untuk dibeli. Namun, buah dan sayuran yang sudah dipotong biasanya harganya justru lebih mahal daripada Anda membelinya secara utuh.

Jangan Pergi Belanja Saat Sedang Lapar

Ketika Anda belanja saat sedang lapar, Anda lebih rentan melakukan pembelian secara impulsif. Bahkan biasanya yang Anda beli justru makanan olahan atau makanan kemasan yang harganya lebih mahal dan umumnya kurang sehat.

Hindari Menggunakan Troli yang Besar

Ada alasan mengapa troli belanjaan di supermarket ukurannya semakin besar. Hal ini karena troli yang besar akan membuat Anda ingin belanja lebih banyak. Oleh karena itu, cobalah untuk memilih keranjang atau kereta belanja yang lebih kecil agar Anda benar-benar membeli barang yang Anda butuhkan.

Beli Makanan yang Sedang Musim

Salah satu cara sederhana untuk menghemat uang saat belanja adalah dengan membeli sayuran atau buah yang sedang msuim. Selain lebih murah, sayuran dan buah tersebut juga lebih menyehatkan karena tidak memerlukan pengolahan terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat uang ketika belanja bulanan. Selamat mencoba.