Bibimbap, Lezatnya Nasi Campur Asal Korea yang Begitu Menggoda
Destinasi & Kuliner

Bibimbap, Lezatnya Nasi Campur Asal Korea yang Begitu Menggoda

  • Buat pecinta K-Drama, K-Pop dan variety show Korea lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan Bibimbap.
Destinasi & Kuliner
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA – Maraknya demam Korea di berbagai belahan dunia membuat sesuatu yang berhubungan dengan negara yang biasanya disebut Negeri Ginseng ini digemari. Tidak hanya drama, make up, dan musiknya saja, aneka masakan khas Korea juga menjadi kesukaan masyarakat berbagai negara. 

Korea sendiri dikenal sebagai negara yang memiliki beragam kuliner. Tidak hanya lezat saja, hidangan khas Korea juga sehat karena menggunakan bahan-bahan yang segar. Bahkan, dari segi cita rasa memiliki ciri khas sendiri. Buat pecinta K-Drama, K-Pop dan variety show Korea lainnya pasti sudah tidak asing lagi dengan Bibimbap. 

Menurut sejarah, Bibimbap tercipta pada masa Perang Imjin ketika rakyat setempat harus menyiapkan masakan yang praktis dalam keadaan genting. Sesuai namanya, bibimbap diambil dari Bahasa Korea, “bibim” yang artinya campur, sedangkan “bap” yaitu nasi. 

Maknanya, Bibimbap adalah makanan yang berisi nasi, beragam sayur segar, daging sapi, telur, serta dicampur dengan perpaduan bumbu lezat khas Korea Selatan. Bumbu yang digunakan dalam pembuatan Bibimbap adalah gochujang atau bisa disebut sambal khas Korea. 

Selain saus gochujang, biasanya makanan tradisional Korea ini menggunakan bawang putih, cuka apel, kecap asin, minyak wijen, kaldu bubuk, irisan jahe dan gula. Tidak lupa terdapat taburan biji wijen dan nori.

Di Korea, Bibimbap memiliki berbagai variasi yang beragam. Kota Jeonju tepatnya di Jeollabuk-do (Jeolla Utara) merupakan kota asal variasi Bibimbap yang paling terkenal di Korea. “Jeonju Bibimbap” adalah Bibimbap yang berisi macam-macam lauk pauk yang paling banyak di Korea.

Sajian menu khas Korea ini merupakan makanan sehat, sebab di dalamnya terdapat berbagai nutrisi dari macam-macam sayuran segar. Dilengkapi sumber protein dari daging sapi yang telah dimarinasi dan ditumis. 

Proses Memasak Sehat

Ada pula telur mata sapi yang tentu terdapat vitamin di dalamnya. Proses memasak yang cukup singkat dengan cara ditumis maupun direbus membuat kandungan nutrisi sayuran tetap aman serta rendah lemak jahat.

Makanan ini biasanya disajikan saat dengan mangkuk batu yang telah dipanaskan. Hal ini untuk menciptakan kerak nasi yang bercampur dengan bumbu dan bahan lainnya. Penyajian yang cukup rapi dengan tampilan warna yang cantik membuat siapa saja tertarik dengan masakan ini. 

Sebelum dimakan, Bibimbap harus diaduk terlebih dahulu agar tercampur rata. Apalagi ketika menikmati masakan khas Korea ini saat hujan, kenikmatannya pasti bertambah. Buat Anda yang ingin menikmati kelezatan masakan tradisional khas Korea ini, sekarang Anda tidak perlu jauh-jauh dateng ke Korea. 

Sebab, di Indonesia sendiri sudah ada. Biasanya Anda akan menjumpai makanan ini di kedai atau restoran Korea yang menyajikan menu tersebut.