Industri

Bidik Pasar Milenial, BCA Life Kenalkan Produk Asuransi Jiwa Melalui Qoala

  • BCA Life menggandeng PT Archor Technology Digital untuk pemasaran produk digital melalui aplikasi dan situs resmi Qoala.
Industri
Muhamad Arfan Septiawan

Muhamad Arfan Septiawan

Author

JAKARTA  - PT Asuransi Jiwa BCA (BCA Life) terus memperluas channeling pemasaran produk asuransinya secara digital. Termutakhir, BCA Life menggandeng PT Archor Technology Digital untuk pemasaran produk digital melalui aplikasi dan situs resmi Qoala.

Presiden Direktur BCA Life Rio Winardi mengatakan penetrasi asuransi jiwa yang masih rendah di kalangan milenial menjadi alasan yang mendorong perseroan melakukan channeling dengan Qoala.  Pada kerja sama ini, produk yang diperkenalkan adalah produk asuransi jiwa berjangka, BCA Life Perlindungan Jiwa yang menyasar anak-anak muda di Indonesia.

“Melalui kerja sama dengan Qoala, kami berharap BCA Life dapat menjadi pilihan yang tepat bagi generasi milenial untuk mendapatkan perlindungan jiwa bagi perencanaan keuangan mereka di masa depan. Produk yang kami tawarkan ini bisa menjadi solusi kenyamanan keuangan para milenial.” ucap Rio dalam keterangan tertulis, Kamis, 18 November 2021.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) merekam penetrasi asuransi masih mencapai 3,11% dari total populasi Indonesia pada Juli 2021. Padahal, sebanyak 48,9% di antaranya sudah memiliki akses ke institusi keuangan lain.

Lebih rinci, penetrasi asuransi jiwa di Indonesia tercatat stagnan dengan jumlah tertanggung perorangan pada semester I-2021 sebanyak 20,04 juta orang.  Jumlah itu hanya naik sedikit dibandingkan semester I-2020 yang sebesar 16,92 juta orang. 

Sedangkan polis perorangan pada semester I-2021 sebanyak 19,03 juta polis atau naik tipis dibandingkan semester I-2020 yang mencapai 15,95 juta polis. Karakteristik milenial sebagai digital native membuat Rio optimistis channeling produk di Qoala memberikan efek besar terhadap peningkatan polis perseroan. 

Produk BCA Life Perlindungan Jiwa yang akan dipasarkan di Qoala, memberikan manfaat uang pertanggungan hingga Rp500 juta. Adapun premi dalam produk ini dipatok mulai dari Rp40.000 per bulan.

Lebih lanjut, Rio menjelaskan manfaat masa bayar selama delapan tahun dapat digunakan untuk perlindungan jiwa selama 12 tahun. Ada juga   manfaat pengembalian premi sebesar 50% di akhir tahun ke-12 polis.

“Produk ini diharapkan dapat menjadi pilihan bagi generasi muda untuk mulai berasuransi secara digital dan memahami pentingnya perlindungan jiwa dan keuangan bagi keluarga,” ungkap Rio

Di sisi lain,  Co-founder sekaligus Chief Operating Officer (COO) Qoala, Tommy Martin menjelaskan user interface yang efektif membuat calon konsumen bisa dengan mudah mendapatkan informasi yang holistik mengenai produk asuransi yang ingin dibeli. Aplikasi ini juga diklaim dirinya telah memiliki tingkat keamanan data tinggi lantaran tercatat dalam Sandbox yang digodok OJK klaster Insurtech.

“Kami memiliki komitmen penuh untuk memberikan kemudahan bagi seluruh pengguna Qoala, di era digital seperti ini kemudahan dan kenyamanan dalam membeli asuransi menjadi satu hal yang penting bagi pangsa pasar milenial. Qoala menjawab tantangan ini dengan aplikasi yang mudah diakses dan proses pembelian serta klaim yang cepat,” ujar Tommy.

Promosi Potongan Premi

Dalam tahap awal kerja sama, BCA Life menebar sejumlah cashback premi asutansi yang bisa diakses di aplikasi Qoala pada 18 November-18 Desember 2021. Berikut syarat dan ketentuannya.

  • Cashback 50% dari premi pertama, berlaku untuk 100 orang pembeli pertama.
  • Cashback hanya berlaku untuk pembelian produk BCA Life Perlindungan Jiwa di Qoala.app.
  • Menggunakan kode promo QOALABCAL100 saat melakukan pembayaran
  • Cashback akan dikirimkan pada bulan berikutnya ke e-wallet sesuai nomor telepon nasabah yang terdaftar saat pembelian polis di Qoala.app.
  • Maksimal cashback yang didapatkan adalah Rp300.000 untuk transaksi premi pertama.