<p>Video viral petani di Tuban ramai-ramai membeli mobil mewah / Twitter</p>
Industri

Bikin Warga Kaya Mendadak, Yuk Intip Proyek Kilang Minyak di Tuban Garapan Pertamina dan Rosneft

  • JAKARTA – Belakangan ini, warganet masih dihebohkan dengan video viral di internet terkait banyaknya penduduk di Tuban, Jawa Timur yang memborong mobil mewah. Kurang lebih sebanyak 176 petani di wilayah tersebut membeli berbagai merek mobil senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Pembelian tersebut didapatkan dari uang ganti rugi oleh PT Pertamina (Persero), atas lahan yang […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA – Belakangan ini, warganet masih dihebohkan dengan video viral di internet terkait banyaknya penduduk di Tuban, Jawa Timur yang memborong mobil mewah.

Kurang lebih sebanyak 176 petani di wilayah tersebut membeli berbagai merek mobil senilai ratusan juta hingga miliaran rupiah. Pembelian tersebut didapatkan dari uang ganti rugi oleh PT Pertamina (Persero), atas lahan yang akan dijadikan kilang minyak New Grass Root Refinery (NGRR).

Diketahui, dalam proyek ini Pertamina menggandeng perusahaan minyak asal Rusia, Rosneft untuk memproduksi olahan bensin, solar, dan avtur. Dalam proyek raksasa yang bernilai investasi sebesar Rp225 triliun ini, diharapkan dapat memperkuat industri petrokimia di Tanah Air.

Berdasarkan Keputusan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Nomor 807 K/12/MEM/2016 tentang penugasan kepada Pertamina dalam pembangunan dan pengoperasional kilang minyak di Tuban, Jawa Timur, proyek ini akan onsteam pada 2026. Adapun kilang Tuban sendiri merupakan garapan yang telah ditugaskan kepada Pertamina sejak 2016.

Selain pembangunan kilang, Pertamina juga bertanggung jawab untuk menghandle desain engineering, menyiapkan lahan dan perizinan, hingga pengoperasian kilang minyak. Dengan kapasitas sebesar 300 kbpd, rencananya produk produk Bahan Bakar Minyak (BBM) jenis bensin akan diproduksi minimal 80.000 barel per hari, sedangkan untuk solar 100.000 barel per hari.

Ganti Rugi Rp8 Miliar per Orang

Sebagai informasi, dalam video 10 detik yang ditampilkan di Twitter oleh @jowoshitpost, terlihat pickup pengangkut mobil berjejer di sepanjang jalanan kampung sempit di Tuban.

“Tuban keras lurnek awakmu tuku mobil sak deso kudu tuku kabeh,” demikian cuitan @jowoshitpost yang sebelumnya video itu juga viral di media sosial TikTok.

Sejumlah warganet di cuitan tersebut menyebutkan bahwa masing-masing warga paling tidak menerima sejumlah uang Rp8 miliar.

Mengutip dari laman resmi DPR, Wakil Ketua Komisi VII DPR Ridwan Hisyam saat kunjungannya ke lokasi tersebut pada 9 Februari 2021 mengatakan, Pertamina telah menyiapkan sejumlah uang ganti rugi sehingga warga diharapkan untuk menyiapkan rekening.

“Nilainya sudah ditetapkan berdasarkan hitungan,” Ujar Ridwan di kantor Trans Pacific Petrochemical Indotama (TPPI) Tuban.

Ia melanjutkan, bahwa proyek pembangunan kilang minyak baru tersebut paling tidak membutuhkan lahan sekitar 800 hektare.

Tercatat, ada 225 petani yang mendapatkan ganti rugi dari Pertamina. Mobil yang dipesan bersamaan itu merupakan bagian dari 176 unit mobil yang dibeli oleh para petani desa itu. Bahkan, setiap rumah ada yang membeli 2-3 unit mobil.

Tanah di Sumurgeneng dihargai Rp600.000-Rp800.000 per meter persegi. Paling tinggi, para petani menerima ganti rugi tanah senilai Rp26 miliar.