Bill Gates Peringatkan Dunia untuk Bersiap Hadapi Ancaman  Bioterorisme
Gaya Hidup

Bill Gates Peringatkan Dunia untuk Bersiap Hadapi Ancaman Bioterorisme

  • Meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari permukaan bumi, Bill Gates kini justru mengatakan bahwa pemerintah harus segera bersiap menghadapi ancaman selanjutnya yaitu bioterorisme.
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Meski pandemi COVID-19 belum sepenuhnya hilang dari permukaan bumi, Bill Gates kini justru mengatakan bahwa pemerintah harus segera bersiap menghadapi pandemi dan serangan teror cacar di masa depan dengan mulai menginvestasikan miliaran dolar dalam penelitian dan pengembangan.

Komentar tersebut dikatakan Bill Gates dalam sebuah wawancara dengan ketua komite kesehatan terpilih di Inggris, Jeremy Hunt. Seperti yang dilansir dari laman The Independent, menurutnya negara-negara seperti Amerika Serikat dan Inggris harus mengeluarkan puluhan miliar untuk mendanai penelitian. Ia juga menambahkan bahwa meskipun sangat mahal, hal itu dapat mengarah pada pemberantasan flu dan flu biasa.

Tidak hanya itu, Bill Gates juga memberi saran kepada para pemimpin dunia untuk melakukan 'germ games' yang artinya permainan kuman yang melibatkan situasi di mana teroris dapat menggunakan senjata biologis untuk menimbulkan kerusakan global. Jika hal tersebut dilakukan, maka setiap negara akan lebih siap untuk menghadapi berbagai ancaman epidemi selanjutnya.

Bill Gates juga menyarankan pembentukan Satuan Tugas dari WHO yang mendapat dukungan dana miliaran dolar Amerika Serikat. Hal ini dilakukan agar dunia menjadi lebih siap untuk menghadapi wabah penyakit selanjutnya.

"Mungkin akan dibutuhkan satu miliar selama setahun untuk Satuan Tugas pandemi pada level WHO, yang akan melakukan pengintaian dan benar-benar melakukan 'germ games' di mana Anda berlatih," kata Bill Gates seperti yang dikutip dari laman The Independent pada Minggu, 7 November 2021.

Pendiri Microsoft ini juga menyarankan bahwa 'germ games' ini dapat membuat banyak negara lebih siap, misalnya bagaimana jika ada bioterorisme seperti serangan cacar di 10 bandara. Bill Gates memperingatkan bahwa serangan bioterorisme dapat menyebabkan epidemi bisa menjadi lebih buruk daripada yang terjadi secara alami.

Orang terkaya keempat di dunia itu juga mengatakan akan terus berbicara tentang kesiapsiagaan pandemi, sebagai bagian dari pekerjaannya sebagai seorang filantropis.