Saving
Gaya Hidup

Bingung Memulai? Ini 6 Langkah Praktis Merencanakan Keuangan

  • 6 langkah praktis merencanakan keuangan dari Prita Hapsari Ghozie.
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Apakah masalah hidup Anda masih berputar seputar keuangan? Apakah sebagian besar waktu Anda masih Anda gunakan untuk memikirkan uang? 

Uang memang bukanlah segalanya, tapi uang dapat Anda jadikan alat untuk mencapai segalanya. Barang incaran, pendidikan terbaik untuk anak, asuransi, pensiun dini, hingga rencana traveling keluar negeri semuanya membutuhkan uang.

Itulah mengapa menabung dan berinvestasi memegang peranan penting untuk meraih tujuan finansial. Anda harus sadar tidak semua tujuan keuangan memiliki strategi yang sama untuk dilakukan. Anda harus mencari strategi yang paling cocok untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Prita Hapsari Ghozie, seorang konsultan keuangan dalam bukunya yang berjudul Make It Happen memaparkan 6 langkah praktis merencanakan keuangan.

Ketahui Apa Mimpimu 

Mengetahui apa mimpi dan tujuan Anda adalah langkah awal yang fundamental dalam merencanakan keuangan. Apakah itu membeli rumah 5 tahun lagi, mau membayar uang pangkal sekolah anak 2 tahun lagi, atau sekadar membeli iPhone keluaran terbaru?

Setiap mimpi akan menentukan apakah Anda harus menabung atau berinvestasi. 
Cobalah untuk mendefinisikan setiap mimpi Anda dengan urutan berikut.

Apa mimpinya :
Berapa biayanya :
Kapan jatuh temponya :
Bagaimana strategi mencapainya :

Coba rincikan setiap mimpi Anda hingga Anda memiliki gambaran strategi yang paling cocok Anda gunakan. Apakah lebih baik menabung atau membeli produk investasi?

Hitung Kebutuhan Dana 

Setelah menetapkan apa saja yang menjadi tujuan Anda, langkah berikutnya adalah membuat tulisan menjadi angka-angka. Menghitung kebutuhan dana untuk mewujudkan setiap tujuan tersebut adalah wajib dan harus dilakukan dengan bantuan kalkulator. Jangan lupa untuk menyertakan asumsi tingkat inflasi per tahun.

Pahami Berbagai Produk Finansial 

Langkah berikutnya adalah memahami berbagai produk finansial yang tersedia di pasaran saat ini. Apapun kemasan luarnya, pada dasarnya produk finansial hanya terbagi menjadi kas atau tunai, obligasi, dan saham. Selain itu, alternatifnya adalah aset fisik seperti emas, properti, ataupun barang koleksi.

Implementasikan Rencana Keuangan 

Rencana keuangan adalah panduan utama dalam melakukan pengelolaan keuangan keluarga. Oleh sebab itu rencana keuangan haruslah diimplementasikan dan tidak hanya sebatas di tulis di atas kertas. Untuk memulainya buatlah action plan atau to do list.

Monitor dan Evaluasi 

Setelah menjalankan action plan, langkah berikutnya adalah melakukan evaluasi secara berkala. Proses ini harus dilakukan secara rutin minimal 6 bulan sekali untuk melihat apakah masih ada rencana keuangan yang belum dijalankan dan bahagimana kinerja investasi atas berbagai rencana keuangan yang telah Anda buat. Apabila terjadi perubahan anggota keluarga, Anda harus menghitung ulang kecukupan angka pertanggungan asuransi jiwa dan lainnya.

Itulah 6 langkah praktis merencanakan keuangan yang dapat Anda praktekkan untuk mendekatkan Anda dengan mimpi-mimpi Anda. Selamat mencoba!