Photo by Ekrulila: https://www.pexels.com/photo/person-holding-white-scroll-2292837/
Gaya Hidup

Bingung Setelah Lulus S1, Mending Lanjut S2 atau Kerja Dulu?

  • Kuliah S1 memanglah proses yang cukup panjang, selama kurang lebih tiga setengah hingga empat tahun Anda berjibaku dengan pembelajaran di kelas, tugas, project,
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Kuliah S1 memanglah proses yang cukup panjang, selama kurang lebih tiga setengah hingga empat tahun Anda berjibaku dengan pembelajaran di kelas, tugas, project, praktikum, hingga skripsi. 

Skripsi telah selesai, wisuda di depan mata. Rasanya menyenangkan karena akhirnya perjalanan panjang S1 telah usai namun Anda mungkin bingung lalu apa setelahnya? setelah lulus S1, mending lanjut S2 dengan waktu kurang lebih 2 tahun untuk menambah ilmu atau kerja dulu untuk menambah pengalaman, mengasah keterampilan dan menghasilkan uang ?

Saran dari Samuel Amarta, seorang HR Manajemen Konsultan ini mungkin dapat Anda pertimbangkan. Samuel Amarta menyarankan untuk tidak mengambil S2 hingga Anda tahu Anda ingin mengambil spesialisasi di bidang apa. Mengingat biaya S2 yang tidak murah dan membutuhkan waktu yang lumayan lama jadi pastikan semua itu tidak terbuang sia-sia hanya karena Anda sembarangan mengambil jurusan S2.

Lebih lanjut menurutnya, fungsi S2 adalah untuk menspesifikasikan keahlian, branding, dan Anda ingin dikenal sebagai orang yang ahli di bidang apa.  

Jadi jika memang belum yakin apa passion Anda dan ingin menjadi ahli di bidang apa, Anda bisa bekerja terlebih dahulu sambil mencari tahu minat utama Anda untuk S2. Menunda berkuliah S2 dan langsung bekerja juga dapat menjadi alternatif terbaik karena Anda dapat mengeksplorasi potensi dan mengasah keterampilan yang Anda miliki saat ini. 

Lalu bagaimana jika setelah lulus S1 Anda sudah tahu passion Anda dan ingin menjadi seorang yang ahli dibidang apa? Maka melanjutkan S2 adalah jawabannya.