<p>Bioskop Cinema XXI dan 21 Cineplex. / 21cineplex.com</p>
Gaya Hidup

Bioskop Buka Lagi, Ini 8 Film yang Wajib Ditunggu

  • Berikut delapan film yang sudah dijadwalkan akan tayang pada saat pembukaan bioskop pada 29 Juli 2020 di CGV, Cinemax, dan Cinema XXI.

Gaya Hidup
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Setelah resmi mengumumkan pembukaan kembali jaringan bioskop di seluruh Indonesia pada Rabu, 29 Juli 2020 mendatang, para penonton pasti sudah menantikan sejumlah film yang penayangannya sempat tertunda akibat pandemi COVID-19.

Untuk itu, TrenAsia.com telah merangkum sejumlah film dijadwalkan rilis tahun ini, baik yang penayangannya sempat tertunda atau bahkan dihentikan sementara akibat penutupan bioskop.

Berikut delapan film yang layak untuk ditunggu tayang di bioskop usai pandemi COVID-19:

1. Mariposa

Film romansa remaja yang satu ini sempat tayang sesaat sebelum kebijakan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) diberlakukan. Setelah adanya PSBB, pihak manajemen film Mariposa terpaksa menghentikan penayangan dan segera menyiapkan penayangan ulang di saat biskop telah dibuka kembali.

2. Miracle in Cell No.7

Film Miracle in Cell No.7 adaptasi dari Korea Selatan ini berkisah tentang pria penyandang disabilitas yang masuk penjara akibat dituduh melakukan pembunuhan. Di dalam penjara, Vino G. Bastian sebagai pemeran utama bersekongkol dengan teman-teman baik satu sel penjaranya untuk mempertemukannya dengan putrinya.

3. Serigala Langit

Film Serigala Langit semula dijadwalkan tayang di layar lebar pada 2 April 2020, namun bersama dengan sejumlah film lain, semua jadwal harus diundur sampai bioskop diumumkan kembali dibuka.

Film ini mengisahkan tentang kehidupan seorang TNI Angkatan Udara yang bertugas di Skuadron Serigala Langit, tokok utama dalam film ini diperankan oleh Deva Mahendra sebagai Gading Baskhara. Aktor pendukung lain dalam film ini dihiasi sejumlah bintang kenamaan seperti Anya Geraldine.

4. Bucin

Mengangkat genre komedi yang segar, film Bucin terinspirasi dari fenomena Bucin atau Budak Cinta yang saat ini tengah banyak menjadi perbincangan. Alur film ini menceritakan empat orang sahabat yang ingin keluar dari lingkaran hubungan yang tidak sehat dengan pasangan masing-masing atau biasa disebut Bucin.

Awalnya, Bucin dijadwalkan tayang pada 26 Maret 2020 lalu. Menariknya, film ini merupakan debut Chandra Liow sebagai sutradara dan Jovial da Lopez sebagai penulis skenario dan eksekutif produser.

5. Generasi 90-an: Melankolia

Setelah sukses dengan film adaptasi buku Nanti Kita Cerita Tentang Hari Ini, satu lagi buku karya Marchella FP akan kembali diangkat ke layar lebar dengan judul Generasi 90-an: Melankolia. Bukunya sendiri berjudul Generasi 90an yang telah lama menjadi Best Seller beberapa tahun lalu.

Bagi masyarakat generasi 90an, pastinya tidak sabar menanti film Generasi 90-an: Melankolia, karena film ini menghadirkan banyak memori nostalgia berupa lagu-lagu hits di antara akhir 1990-an sampai awal 2000-an seperti lagu Sephia dari Sheila on 7.

6. KKN: Di Desa Penari

Siapa yang tidak pernah mendengar kisah KKN yang menghebohkan jagad maya tahun lalu? Berawal dari sebuah thread di laman Twitter, film yang dipercaya diambil dari kisah nyata ini akhirnya benar-benar diproduksi dan siap rilis, sayangnya pandemi memaksa film besutan Awi Suryadi ini harus menahan rasa penasaran penonton lebih lama lagi sampai bioskop kembali dibuka pada 29 Juli mendatang.

7. Perempuan Bergaun Merah

Karya sineas Timo Tjahjanto di genre horor dan thriller memang tidak diragukan lagi, setelah sukses menggarap Rumah Dara, Sebelum Iblis Menjemput 1 & 2, kini Timo kembali berkarya sebagai produses lewat film Perempuan Bergaun Merah.

8. Kadet 1947

Film yang rencananya akan ditayangkan pada peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 75 nanti ini berkisah tentang kadet atau siswa angkatan udara yang ikut berjuang dalam peristiwa Agresi Militer Belanda I pada 1947.

Buka Serentak 29 Juli 2020

Sedikitnya, itulah delapan film yang sudah dijadwalkan akan tayang pada saat pembukaan bioskop akhir Juli nanti. Ketua Gabungan Pengusaha Bioskop Seluruh Indonesia (GPBSI) Djonny Syafruddin mengatakan keputusan itu diambil setelah seluruh pengusaha mengambil kesepakatan bersama.

“Para pelaku industri bioskop telah berdiskusi dan bersepakat untuk kembali melakukan kegiatan operasional terhitung mulai Rabu, 29 Juli 2020, serentak di seluruh Indonesia,” ujar dia dalam keterangan resmi, Rabu, 8 Juli 2020.

Pembukaan bioskop terkait dengan Keputusan Menteri Kesehatan (KMK) Nomor HK.01.07/Menkes/382/2020 tentang protokol kesehatan bagi masyarakat di tempat dan fasilitas umum dalam rangka pencegahan dan pengendalian COVID-19.

Pembukaan bioskop juga diatur dalam Surat Keputusan Bersama (SKB) Menteri Pendidikan, Kebudayaan dan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Nomor 02/KB/2020 tentang panduan teknis pencegahan dan pengendalian COVID-19 di bidang kebudayaan dan ekonomi kreatif dalam masa penetapan kedaruratan kesehatan masyarakat COVID-19. (SKO)