Gaya Hidup

Bisa Buat Hack Tidur, Apa Itu Ritme Sirkadian?

  • Salah satu hal yang turut memberi pengaruh besar dalam tidur adalah ritme sirkadian. Apa itu ritme sirkadian?
Gaya Hidup
Rumpi Rahayu

Rumpi Rahayu

Author

JAKARTA - Tidur adalah salah satu bentuk istirahat terbaik untuk tubuh. Salah satu manfaat tidur yang paling terasa adalah dapat mengembalikan energi sehingga Anda menjadi siap untuk menjalankan aktivitas.

Salah satu hal yang turut memberi pengaruh besar dalam tidur adalah ritme sirkadian. Apa itu ritme sirkadian?

Melansir dari laman website sleepfoundation, ritme sirkadian adalah suatu proses internal dan alami dari dalam tubuh yang mengatur  siklus tidur-bangun dalam 24 jam.

Sistem tubuh mengikuti ritme sirkadian yang disinkronkan dengan jam utama di otak. Jam utama ini secara langsung dipengaruhi oleh isyarat lingkungan, terutama cahaya, itulah sebabnya ritme sirkadian erat kaitannya dengan siklus siang dan malam.

Jika diselaraskan dengan benar, ritme sirkadian dapat mendorong tidur yang konsisten dan memulihkan energi. Tetapi ketika ritme sirkadian ini terganggu, hal itu dapat menimbulkan masalah tidur yang signifikan, termasuk insomnia . Penelitian juga mengungkapkan bahwa ritme sirkadian memainkan peran integral dalam berbagai aspek kesehatan fisik dan mental.

Ritme sirkadian bekerja dengan membantu memastikan bahwa proses tubuh dioptimalkan di berbagai titik selama periode 24 jam.

Ritme sirkadian tidur-bangun yang terganggu dapat menimbulkan masalah tidur yang serius. Tanpa sinyal yang tepat dari jam internal tubuh, seseorang dapat mengalami kondisi susah tidur, bangun di malam hari, atau tidak dapat tidur hingga pagi hari.

Ritme sirkadian yang terganggu juga dapat menyebabkan rendahnya kualitas tidur seseorang.

Setelah membaca penjelasan di atas, Anda mungkin mulai mengaitkan ritme sirkadian dengan jam biologis. Apakah mereka sama?

Jam biologis membantu mengatur waktu proses tubuh, termasuk ritme sirkadian. Ritme sirkadian adalah efek dari jam biologis, tetapi tidak semua jam biologis bersifat sirkadian. Misalnya, tumbuhan menyesuaikan diri dengan perubahan musim menggunakan jam biologis dengan waktu yang berbeda dari siklus 24 jam.