<p>Pekerja Migran Indonesia dari Yordania berhasil tiba di bandara Soekarno-Hatta, Jumat (17 Mei 2019). Foto: Kemenaker </p>
Industri

Bisa Buat Modal Usaha, Negara Ini Beri Gaji Gede Untuk Para TKI

  • Tak hanya layak, beberapa di antaranya bahkan menjadi jutawan dengan berbisnis dari modal tabungan saat bekerja sebagai TKI
Industri
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA- Keberadaan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) menjadi kelebihan tersendiri bagi Indonesia. 

Meski dipandang sebelah mata, TKI menjadi salah satu penyumbang pemasukan negara melalui cadangan devisa.

Sejumlah masyarakat yang tinggal di daerah pedesaan biasanya memilih menjadi TKI agar bisa hidup layak di kampung halaman mereka. Tak hanya layak, beberapa di antaranya bahkan menjadi jutawan dengan berbisnis dari modal tabungan saat bekerja sebagai TKI.

Dijamin pulang bawa modal usaha, berikut lima Negara yang memberikan gaji tinggi untuk para TKI yang bekerja di negara mereka.

1. Taiwan

Taiwan menjadi salah satu negara tujuan yang popular di kalangan TKI. Selain jaraknya tak begitu jauh, TKI di Taiwan ditawarkan bayaran yang cukup besar.

Sebagai contoh, seorang buruh Pabrik di Taiwan akan mendapat gaji bersih sekitar Rp10 juta per bulannya.

2. Arab Saudi

Negara populer kedua jadi jujukan para TKI selanjutnya adalah Arab Saudi. Punya keyakinan yang sama dengan mayoritas penduduk Indonesia, Asisten Rumah tangga menjadi profesi paling populer bagi TKI di Arab saudi.

Asisten Rumah tangga di Arab saudi diketahui mendapat gaji bersih kidaran Rp5,5 juta. Sedangkan untuk sektor lain seperti carefree, gaji yang Anda terima bersih adalah kisaran Rp9,5 juta perbulannya.

3. Australia

Negeri kangguru jadi jujukan TKI favorit selanjutnya. Sama seperti halnya negara barat, pekerja di Australia dibayar sesua dengan jam kerja.

Sebagai contoh, jika per jam TKI dibayar sebanyak Rp205 ribu untuk melakukan pekerjaan, maka dalam 40 jam kerja sebulan, para pekerja bisa membawa penghasilan kisaran Rp8,2 juta.

4. Singapura

Singapura sebagai negara maju di kawasan Asia Tenggara kerap kali jadi negara idaman para TKI yang ingin mengadu nasib.

Sama seperti halnya di Arab Saudi, Profesi Asisten Rumah Tangga jadi yang paling banyak dicari di Singapura.

Sebagai TKI yang bekerja menjadi ART, Anda akan menerima gaji bersih kisaran Rp5,8 juta per bulan. Nilai plus lainnyam Singapura dekat dengan Indonesia sehingga Anda tak perlu takut pulang ketika rindu dengan kampung halaman.

5. Malaysia

Negeri jiran jadi ladang duit bagi para TKI. Merka yang mengadu nasib sebagai ART di Malaysia mendapat gaji kira-kira Rp5 juta per bulan. Tak hanya itu, jika Anda bekerja lembur, Malaysia mewajibkan majikan untuk menambah bayaran Rp30 ribu per jamnya.