<p>humas.bandung.go.id</p>
Properti

Bisa Dihuni 8.000 Jiwa, Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan Dibangun di Bandung

  • Rusun Cisaranten Bina Harapan akan dibangun di Jalan Golf Raya Blok A No. 5 RW 10, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kota Bandung.
Properti
Bintang Surya Laksana

Bintang Surya Laksana

Author

BANDUNG - Pemerintah (Pemkot) Kota Bandung tandatangani Nota Kesepahaman (MoU) dengan Kementerian PUPR terkait kerja sama pembangunan Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan.

Rusun Cisaranten Bina Harapan akan dibangun di atas lahan sekitar 3,2 hektar milik Kementerian PUPR yang berada di Jalan Golf Raya Blok A No. 5 RW 10, Kelurahan Cisaranten Bina Harapan, Kota Bandung yang merupakan jalan penghubung antara dua jalan arteri yakni Jl AH Nasution dan Jl Soekarno-Hatta.

Sekretaris Daerah Kota Bandung Ema Sumarna seperti dilansir Antara mengatakan pembangunan tersebut merupakan bentuk sinergi pemerintah dalam memberikan tempat layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

"Rumah Susun Cisaranten Bina Harapan merupakan program prioritas Presiden Joko Widodo. Kita patut berbangga karena Kota Bandung jadi pilot project pembangunan yang pembiayaannya dilakukan melalui skema KPBU (Kerjasama Pemerintah dan Badan Usaha) di bawah Kementerian PUPR," ujar Ema pada Kamis, 28 Desember 2023 di Bandung.

Ema juga mengungkapkan rumah susun ini juga diharapkan dapat mengubah realitas kehidupan bagi yang membutuhkan tempat tinggal layak. Selain itu, hadirnya rumah susun ini merupakan wujud dalam mewujudkan inklusivitas dan kesetaraan bagi semua warga Kota Bandung.

Ema berharap rumah susun dengan target hunian sekitar 1.800 itu bisa dimanfaatkan oleh masyarakat sebagai tempat tinggal yang layak.

"Kita harap 8.000 jiwa yang menempati bangunan ini nantinya diberikan fasilitas yang layak dan bisa menyejahterakan masyarakat,” ujar Ema.

Sementara itu, Direktur Pelaksanaan Pembiayaan Perumahan, Kementerian PUPR, Haryo Bekti Martoyoedo menyatakan harapannya terkait rencana pembangunan tersebut, khususnya dalam menyediakan fasilitas yang mendukung penghuni, terutama dalam hal penyediaan air bersih. Dia menekankan kesepakatan ini mencakup fasilitas air bersih dan sistem pengelolaan air limbah.

Martoyoedo menjelaskan pembangunan Rumah Susun Sederhana Cisaranten Bina Harapan di wilayah Kecamatan Arcamanik merupakan salah satu program prioritas yang dikepalai oleh Presiden Republik Indonesia dalam pelaksanaan proyek KPBU.

"Kementerian PUPR menyiapkan Proyek KPBU Rusunami Cisaranten Bina Harapan ini merupakan pilot project untuk mengurangi backlog perumahan sesuai target RPJMN 2020-2024," tutup Martoyoedo.