Ponsel
Gaya Hidup

Bisa Pengaruhi Kualitas Audio, Ini Cara Bersihkan Speaker Ponsel

  • Simak cara membersihkan speaker ponsel yang kotor agar tidak memengaruhi kualitas audio ponsel Anda. Selamat mencoba!
Gaya Hidup
Justina Nur Landhiani

Justina Nur Landhiani

Author

JAKARTA - Ponsel adalah salah satu perangkat yang sering dimanfaatkan untuk mendukung aktivitas sehari-hari, seperti mengirim email, berbelanja, atau mendengarkan musik. Akan tetapi, tidak peduli seberapa sering Anda membersihkan ponsel Anda, speaker dan port yang ada di ponsel tetap rentan kotor serta akan mengumpulkan debu, serat, dan partikel lainnya seiring waktu.

Oleh karena itu, jika hal ini dibiarkan, maka Anda mungkin menyadari kualitas audio speaker Anda semakin menurun atau bahkan kesulitan untuk menyambungkan kabel pengisi daya ke perangkat. Untuk mencegah hal tersebut, ada baiknya jika Anda rutin membersihkan port dan speaker yang ada di ponsel.

Cara Membersihkan Port dan Speaker Ponsel

Cara membersihkan port dan speaker ponsel

Berikut beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memperbaiki masalah-masalah yang berkaitan dengan speaker dan port di ponsel.

1. Gunakan Sikat Gigi

Anda bisa menggunakan sikat gigi atau sikat lembut lainnya untuk membersihkan speaker dengan lembut. Akan tetapi, untuk melakukan hal ini Anda harus tetap berhati-hati. Hindari menyikat debu yang justru akan mendorong debut atau partikel kotoran jadi masuk ke dalam.

2. Gunakan Cotton Bud

Meski membersihkan debu adalah salah satu cara terbaik untuk menjaga kebersihan ponsel, cara ini mungkin tidak akan membersihkan kisi-kisi speaker secara menyeluruh. Selain itu, menggosok menggunakan sikat gigi dengan lembut bisa jadi tidak akan menghilangkan kotoran yang membandel atau serat yang bertumbuk di speaker ponsel.

Anda bisa menggunakan cotton bud untuk masuk lebih dalam tanpa harus khawatir akan merusak ponsel Anda. Untuk mendapatkan hasil yang terbaik, Anda bisa melepaskan casing ponsel agar dapat membersihkan speaker dengan mudah. Cara menggunakannya, letakkan cotton bud langsung ke lubang speaker dan tekan dengan lembut untuk memastikannya mengumpulkan semua kotoran yang tersumbat di kisi-kisi speaker. 

3. Gunakan Tusuk Gigi

Tusuk gigi adalah salah satu alat yang mampu membersihkan serat yang masuk ke speaker ponsel. Akan tetapi, Anda tetap harus berhati-hati saat menggunakannya. Jika Anda sembarangan menggunakannya, bisa jadi tusuk gigi justru merusak bagian dalam speaker.

Anda bisa menggunakan senter jika diperlukan agar Anda bisa melihat dengan jelas tusuk gigi Anda di dalam ponsel. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk membersihkan port pengisian daya ponsel.

4. Gunakan Selotip

Jika Anda merasa takut menggunakan tusuk gigi saat membersihkan speaker, Anda dapat menggunakan selotip untuk menghilangkan partikel debu yang membandel dan tersangkut jauh di dalam speaker atau port di ponsel. Anda juga dapat menggunakan metode ini untuk mengekstrak partikel debu yang masih tersisa.

Untuk menggunakan selotip, potong sebagian kecil selotip dan gulung menjadi bentuk silinder, di mana sisi yang lengket ada di bagian luar. Masukkan selotip ke speaker ponsel setelah Anda melilitkan di jari telunjuk Anda.

Kemudian gunakan selotip untuk mengumpulkan semua kotoran yang terkumpul di kisi-kisi speaker. Ulangi proses ini sampai Anda tidak melihat kotoran dan serta yang menempel.

Itu tadi cara membersihkan speaker ponsel yang kotor agar tidak memengaruhi kualitas audio ponsel Anda. Selamat mencoba!