Suasana kantor cabang Bank OCBC NISP di Jakarta, Senin, 2 Agustus 2021. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia
Korporasi

Bisnis BNPL Menggemuk, Bank OCBC NISP Berikan Fasilitas Loan Channeling ke Indodana

  • pemberian fasilitas loan channeling ini merupakan langkah konkrit bank untuk mengkombinasikan kekuatan perbankan dan platform fintech lending dalam memberikan nilai transformasi terhadap perkembangan ekonomi digital Indonesia
Korporasi
Yosi Winosa

Yosi Winosa

Author

JAKARTA -PT Bank OCBC NISP Tbk (NISP) menggandeng PT Artha Dana Teknologi (Indodana) untuk kerja sama terkait pendanaan dengan skema pinjaman (channeling).

Kerja sama ini menyusul berkembangnya bisnis PayLater di Indonesia, dimana Indonesia ditaksir menjadi pasar Buy Now Pay Later (BNPL) terbesar di Asia Tenggara pada tahun 2025 versi International Data Corporation (IDC).

Digital Lending Division Head Bank OCBC NISP Veronika Susanti menyatakan kerja sama pemberian fasilitas loan channeling ini merupakan langkah konkrit bank untuk mengkombinasikan kekuatan perbankan dan platform fintech lending dalam memberikan nilai transformasi terhadap perkembangan ekonomi digital Indonesia.

“Masyarakat perlu diberikan akses untuk memanfaatkan layanan keuangan termasuk PayLater dengan tepat untuk membantu mereka meraih aspirasinya dengan kondisi yang financially-fit, “ kata Veronika dalam website resmi dikutip Selasa, 26 April 2022.

Direktur Indodana Jerry Anson menambahkan, Indodana PayLater memberikan kemudahan, kenyamanan, dan keamanan bagi pengguna untuk memenuhi kebutuhan apapun. Pengguna bisa mendapatkan limit hingga Rp 25 juta dan dipakai belanja atau transaksi di seluruh partner merchant Indodana yang sudah bekerja sama, baik online maupun offline. 

Di antaranya adalah Tokopedia, Blibli, Tiket.com, Bukalapak, Elevenia, dan iStyle. Serta lebih dari 1.500 merchant dan gerai, seperti Hypermart, Courts, Erafone, Lottemart, Electronic City, Lulu Hypermarket, Hush Puppies, Puma, Kalbe, Atria, dan Hartono Elektronik.

Untuk dapat bertransaksi dengan Indodana PayLater tanpa ribet, pengguna perlu men-download aplikasi Indodana di Google Play Store (untuk Android) dan Apple Store (untuk iOS). Selanjutnya tinggal mengaktifkannya. Caranya dengan menggunakan nomor HP, mengisi data diri secara lengkap, dan mengunggah dokumen pendukung, seperti foto KTP dan foto selfie bersama KTP.

Setelah aktif, pengguna dapat berbelanja langsung secara online dan offline di seluruh merchant rekanan Indodana yang tersebar di lebih dari 62 kota dan 35 provinsi di Indonesia. 

“Indodana Paylater membuat transaksi belanja semakin mudah, cepat dan aman,” tambah Jerry.

Indodana PayLater telah terdaftar dan memiliki izin usaha dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), serta menerapkan sistem manajemen risiko mutakhir berbasis Artificial Intelligence dan sistem keamanan bersertifikasi ISO 27001