Angelina Jolie.
Industri

Bisnis Ramah Lingkungan, Angelina Jolie Sulap Limbah Kain jadi Fesyen

  • Artis tersohor Angelina Jolie baru saja merilis lini usaha fesyen terbarunya yakni Atelier Jolie. Label fesyen tersebut bakal menggunakan kain deadstock (limbah kain) dan bahan vintage dalam produksinya.
Industri
Chrisna Chanis Cara

Chrisna Chanis Cara

Author

JAKARTA—Artis tersohor Angelina Jolie baru saja merilis lini usaha fesyen terbarunya yakni Atelier Jolie. Label fesyen tersebut bakal menggunakan kain deadstock (limbah kain) dan bahan vintage dalam produksinya. Atelier Jolie juga mengajak pelanggan berkontribusi membuat kreasi fesyen mereka sendiri. 

Menurut Jolie, bisnis barunya tersebut menjadi penghargaan dan rasa hormat terhadap para penjahit yang bekerja sama dengannya selama ini. “Keinginan untuk menggunakan bahan vintage berkualitas tinggi dan kain deadstock yang sudah tersedia. Juga untuk menjadi bagian dari gerakan mengembangkan lebih banyak ekspresi diri,” ujar Jolie dikutip dari AP, Jumat 19 Mei 2023. 

Mantan istri Brad Pitt itu mengatakan Atelier Joli memungkinkan konsumen untuk berpartisipasi dalam pembuatan kreasi mereka sendiri. Pelanggan, imbuhnya, akan dibantu penjahit ahli, pembuat pola, dan pengrajin di seluruh dunia untuk berkarya sambil menjaga kain bekas dari tempat pembuangan sampah. ”Kami berharap dapat menciptakan komunitas kreativitas dan inspirasi, terlepas dari latar belakang sosial ekonomi,” ujarnya dikutip dari atelierjolie.com.

Pihaknya berencana menyatukan tim yang beragam dari kelompok berbakat yang selama ini kurang dihargai dengan posisi bermartabat berdasarkan keterampilan. Jolie ingin membantu mereka menjaga kekayaan warisan budaya dan mendukung pengembangan bisnis mereka sendiri. 

Selain itu, pelanggan akan dapat memperbaiki atau mendaur ulang barang-barang dari lemari mereka sebagai upaya mengelola limbah. “Kita semua bisa mengoleksi, mengapresiasi, dan dipengaruhi desain orang lain. Namun bentuk tertinggi dari ekspresi diri, dan yang paling menyenangkan, adalah berkreasi untuk diri kita sendiri," katanya.