Ilustrasi ekonomi hijau
Gaya Hidup

Bisnis Ramah Lingkungan Kian Populer, Begini Cara Anda Memulainya

  • Bisnis dengan mengkedepankan aspek lingkungan atau dikenal dengan nama bisnis hijau saat ini kian populer.
Gaya Hidup
Rizky C. Septania

Rizky C. Septania

Author

JAKARTA - Bisnis dengan mengkedepankan aspek lingkungan atau dikenal dengan nama bisnis hijau saat ini kian populer. Selain mengurangi dampak negatif pada lingkungan, bisnis hijau juga mengkedepankan performa bisnis berkelanjutan.

Biasanya, menjalankan bisnis hijau memiliki tujuan untuk menyatukan pertumbuhan eknonomi dan peningkatan kualitas lingkungan. Karenanya, belakangan terakhir bisnis ramah lingkungan mulai banyak dilakukan pelaku usaha.

Jika Anda ingin memulai bisnis Anda untuk lebih ramah lingkungan, berikut tips yang bisa dilakukan seperti dikutip dari sejumlah sumber.

1. Kurangi Penggunaan Kertas

Memulai bisnis dengan mengurangi penggunaan kertas bisa jadi langkah awal untuk memulai bisnis hijau. Adapun pengurangan kertas bisa dilakukan dengan cara mengurangi kertas untuk dokumen bisnis dan beralih pada administrasi digital.

Selain lebih ramah lingkungan, mengurangi penggunaan kertas bisa menghemat biaya dan perlengkapan kantor sehingga menekan biaya produksi.

2. Melakukan Pekerjaan Secara Remote

Berkembangnya teknologi memungkinkan Anda untuk membuka bisnis dengan bekerja dari jarak jauh atau remote. Kerja jarak jauh ini juga dapat menjadi bisnis yang eco friendly atau ramah lingkungan karena dapat mengurangi emisi yang disebabkan oleh perjalanan ke kantor.

Selain itu, remote working juga memungkinkan bisnis Anda untuk menghemat energi yang digunakan di kantor dan mendorong keberlangsungan lingkungan hidup.

3. Bentuk Karyawan Ramah Lingkungan

Anda juga bisa memulai bisnis hijau dengan membentuk  karyawan yang ramah lingkungan. Tim ramah lingkungan yang Anda bentuk  termasuk dalam memilih mitra bisnis Anda.

Upayakan untuk memilih mitra bisnis yang memiliki visi yang sama dengan Anda mengenai bisnis hijau atau bisnis eco friendly.

4. Hemat Energi

Menerapkan prinsip hemat energi dalam bisnis Anda. Hal sederhana yang bisa diterapkan misalnya mengurangi penggunaan AC di ruangan atau di kantor.

Anda bisa menyiasatinya dengan membuat ruang kerja yang ramah lingkungan seperti memiliki jendela dan sirkulasi udara yang baik sehingga tidak perlu menggunakan AC.

5. Melakukan Daur Ulang

Salah satu cara memulai bisnis hijau yang bisa Anda lakukan adalah menerapkan skema daur ulang. Jika Anda membuka bisnis perlengkapan stationary, Anda bisa membuat produk perlengkapan yang ramah lingkungan atau terbuat dari bahan daur ulang.

Anda juga bisa mengumpulkan sampah-sampah organik dan membuat produk pupuk yang bisa diperjualbelikan.