Ilustrasi Bitcoin (Reuters/Dado Ruvic)
Fintech

Bitcoin Tembus Level Tertinggi Dalam 18 Bulan, Apa Penyebabnya?

  • Bitcoin naik lebih dari 6% menjadi US$35.198, tertinggi sejak Mei 2022. Bitcoin telah melonjak 10% pada Senin, 23 Oktober 2023, dalam sesi terbaiknya selama hampir satu tahun dan harganya telah naik dua kali lipat pada tahun 2023.
Fintech
Distika Safara Setianda

Distika Safara Setianda

Author

JAKARTA - Mata uang kripto terus merangkak di perdagangan Asia pada Selasa, 24 Oktober 2023, dengan bitcoin menguat ke level tertinggi hampir 18 bulan. Hal ini di tengah spekulasi bahwa dana bitcoin yang diperdagangkan di bursa akan segera diluncurkan.

Bitcoin naik lebih dari 6% menjadi US$35.198, tertinggi sejak Mei 2022. Bitcoin telah melonjak 10% pada Senin, 23 Oktober 2023, dalam sesi terbaiknya selama hampir satu tahun dan harganya telah naik dua kali lipat pada tahun 2023.

Saham yang terkait dengan kripto seperti Coinbase Global (COIN.O) atau pemilik bitcoin MicroStrategy (MSTR.O) naik dalam perdagangan setelah jam kerja. Mata uang kripto ether menembus di atas US$1.800.

Dana yang diperdagangkan di bursa (ETF) yang memiliki bitcoin atas nama investor dana dipandang sebagai pendorong permintaan karena memungkinkan siapa pun yang enggan berdagang di pasar kripto untuk membeli eksposur ke bitcoin melalui pasar saham.

Raksasa investasi BlackRock (BLK.N) adalah salah satu dari beberapa perusahaan yang sedang menunggu aplikasi untuk dana bitcoin di AS dan spekulasi tentang kemungkinan persetujuan mereka didorong oleh daftar ETF iShares milik BlacRock di situs web lembaga kliring DTCC.

Antisipasi juga meningkat setelah adanya laporan bulan ini, bahwa gatekeeper, Komisi Sekuritas dan Bursa AS, tidak akan mengajukan banding atas keputusan pengadilan yang menolak aplikasi ETF dari Grayscale Investments.

“Nilai sebuah aset, aset apa pun pada dasarnya adalah jumlah orang yang menggunakannya. Jadi ETF akan menarik banyak peminat dan meningkatkan likuiditas,” kata Steen Jakobsen, CIO di Saxo, dilansir dari Reuters, Selasa, 24 Oktober 2023.

Tidak jelas kapan atau mengapa ETF iShares ditambahkan ke dalam daftar DTCC. DTCC dan BlackRock tidak segera menanggapi permintaan komentar melalui telepon dan email. Pekan lalu BlackRock membantah laporan yang salah, bahwa ETF-nya telah disetujui dan sumber yang dekat dengan SEC mengonfirmasi permohonan tersebut masih tertunda.

Data di situs analisis derivatif kripto, Coinglass, menunjukkan aksi jual besar-besaran terhadap bitcoin dalam 24 jam terakhir. Langkah ini juga muncul ketika kekhawatiran muncul di pasar yang lebih luas mengenai risiko perang Israel dengan kelompok Islam Hamas menjadi konflik regional yang lebih luas.

Kyle Rodda, analis di Capital.com mengatakan konflik dan radikal Javier Milei yang muncul sebagai calon terdepan untuk menjadi presiden Argentina juga dapat membantu permintaan untuk bitcoin, yang kadang-kadang dapat bertindak sebagai penyimpan kekayaan selama masa krisis.