<p>Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia. / Twitter @bkpm</p>
Industri

BKPM Optimistis Investasi Asing Tahun Ini Bakal Bersemi

  • Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, mengungkapkan investasi asing di Indonesia pada 2021 akan tumbuh sejalan dengan penerapan Undang-Undang Cipta Kerja.

Industri
Mochammad Ade Pamungkas

Mochammad Ade Pamungkas

Author

JAKARTA – Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia, mengungkapkan investasi asing di Indonesia pada 2021 akan tumbuh sejalan dengan penerapan Undang-Undang Cipta Kerja.

Bahlil juga mengatakan, investasi di Jawa dan luar Jawa sudah berimbang. Menurut dia, dari jumlah kuantitas proyek di Jawa lebih besar, sedangkan di luar Jawa nilai investasi yang lebih besar.

Investasi di Jawa mencapai 98.356 proyek dengan nilai Rp408,8 triliun. Sebaliknya, investasi di luar Jawa mencapai 54.994 proyek senilai Rp417,5 triliun.

Terlebih, realisasi investasi Indonesia pada tahun 2020 mencapai Rp823,3 triliun, sedikit melampau target sebesar 1,1%.

“Ini menunjukkan bahwa pertumbuhan ekonomi kita tidak separah di negara lain,” Ujar Bahlil, dalam forum Action & Collaboration yang digelar PT Krakatau Steel (Persero) Tbk, Rabu 24 Februari 2021.

Selanjutnya, pemerintah Indonesia menargetkan kenaikan realisasi investasi sebesar 3.8% dengan nilai Rp858.5 triliun pada 2021.

Salah satu upayanya yaitu mewajibkan seluruh proyek di Indonesia untuk mengambil produk dalam negeri. Tujuannya agar produk domestik dapat terserap di dalam negeri.

BKPM juga akan terus memfasilitasi potensi dari realisasi investasi di Indonesia yang diperkirakan dapat mencapai Rp708 triliun.

Upaya BKPM tersebut bertujuan untuk menyelesaikan permasalahan investasi yang mangkrak di Indonesia. Selain itu, upaya ini juga merupakan strategi promosi pemerintah Indonesia untuk menarik minat investor. (SKO)