Ilustrasi belanja online di start up e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee, Blibli, dan marketplace lain. Ilustrator: Deva Satria/TrenAsia
Korporasi

Blibli Milik Grup Djarum Akuisisi 51 Persen Saham Supra Boga (RANC)

  • E-commerce milik grup Djarum, PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangi perjanjian untuk mengakuisisi sekitar 51% saham milik PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).
Korporasi
Ananda Astri Dianka

Ananda Astri Dianka

Author

JAKARTA – Perusahaan e-commerce milik grup Djarum, PT Global Digital Niaga (Blibli.com) menandatangi perjanjian untuk mengakuisisi sekitar 51% saham milik PT Supra Boga Lestari Tbk (RANC).

Melansir Bloomberg, Kamis 16 September 2021, Blibli bakal mengakuisisi sekitar 797,88 juta saham Supra Boga. Jumlah saham itu mewakili 50% dari total modal ditempatkan dan modal disetor RANC.

Dengan begitu, e-commerce milik konglomerat Hartono bersaudara ini akan menjadi pemegang saham pengendali di emiten yang mengoperasikan Ranch Market di Indonesia. 

Pengambilalihan saham mayoritas ini dilakukan Blibli dari 7 entitas pemegang saham RANC, yakni PT Wijaya Sumber Sejahtera, PT Prima Rasa Inti, PT Gunaprima Karyaperkasa, PT Ekaputri Mandiri, David Kusumodjojo, Suhamo Kusumodjojo, dan Harman Siswanto.

Dalam keterbukaan informasi di media massa, Blibli mengungkapkan, rencana pengambilalihan tersebut ditujukan untuk pengembangan usaha dan perluasan ekosistem. 

Negosiasi akan dilakukan secara langsung oleh perseroan dengan para penjual. Dengan bergantung pada pemenuhan seluruh kondisi dan persyaratan sebagaimana diatur dalam perjanjian.

Sedangkan, rencana pengambilalihan ditargetkan dapat selesai selambat-lambatnya 40 hari kalender sejak penandatanganan perjanjian atau tanggal lainnya sebagarmana disepakati bersama oleh para pihak. 

"Sampai dengan tanggal pengumuman negosiasi ini, perseroan tidak memiliki, baik langsung maupun tidak langsung, saham-saham yang telah diterbitkan oleh RANC," tulis perusahaan.

Perusahaan belum mengumumkan berapa nilai transaksi akuisisi tersebut, namun, nilainya ditaksir mencapai Rp1,76 triliun. Nilai ini berdasarkan catatan Bloomberg dari perdagangan saham terakhir RANC di level Rp2.200 per saham. Adapun kapitalisasi RANC saat ini mencapai Rp3,44 triliun.