Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) hari ini resmi menandatangani kontrak kerja sama wilayah kerja minyak dan gas (migas)
Industri

Blok Migas Jabung Tengah Resmi Digarap Perusahaan Suami Puan Maharani

  • PT Rukun Raharja, perusahaan milik suami Puan Maharani, menang kontrak migas Blok Jabung Tengah.
Industri
Debrinata Rizky

Debrinata Rizky

Author

JAKARTA - Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menandatangani kontrak kerja sama wilayah kerja minyak dan gas (migas) pada Rabu, 25 Januari 2023. Salah satu kontrak migas yang diteken adalah wilayah kerja Jabung Tengah yang mencakup Provinsi Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau.

Adapun Kontraktor yang akan menggarap Blok Migas Jabung Tengah tersebut adalah PT Cipta Niaga Gemilang dan PT Raharja Energi Sentosa. Kedua perusahaan ini diketahui merupakan bagian PT Rukun Raharja Tbk (RAJA), emiten milik suami Ketua DPR RI Puan Maharani yakni Hapsoro Sukmonohadi alias Happy Hapsoro.

"Wilayah kerja Jabung Tengah berlokasi di offshore dan onshore provinsi Riau, Jambi, dan Kepulauan Riau. Dengan kontraktor Cipta Niaga Gemilang dan Raharja Energi Sentosa, di mana Cipta Niaga Gemilang ditunjuk menjadi operator," papar Dirjen Migas Tutuka Ariadji dalam seremonial penandatanganan kontrak yang disiarkan virtual, pada Rabu 25 Januari 2023.

WK Jabung Tengah ditawarkan pemerintah melalui Lelang Penawaran Langsung Tahun 2022 periode November – Desember 2022 dan telah diumumkan pemenangnya tanggal 28 Desember 2022.

Kontrak ini menggunakan skema bagi hasil cost recovery, dengan kontrak bagi hasil WK Produksi yaitu WK West Kampar berjangka 20 tahun. Sebelum penandatanganan kontrak, KKKS telah menyelesaikan kewajiban finansial yaitu pembayaran bonus tanda tangan dan menyerahkan jaminan pelaksanaan sesuai ketentuan peraturan yang berlaku.  

Tutuka menjelaskan, WK Jabung Tengah berlokasi di wilayah administrasi Provinsi Riau, Jambi dan Kepulauan Riau, serta memiliki potensi perkiraan sumber daya sebesar 200 MMBOE.

Dengan total investasi yang akan dilakukan di Jabung Tengah sebesar US$16,65 juta atau sekitar Rp246,42 miliar (kurs Rp 14.800) dan juga bonus tanda tangan US$150.000.

Selain WK Jabung tengah, Kementerian ESDM juga melakukan penandatanganan WK West Kampar berlokasi di wilayah administrasi Provinsi Riau dan Sumatera Utara. Blok migas ini memiliki potensi sumber daya sebesar 130 MMBO. Pada WK tersebut juga terdapat lapangan yang telah berproduksi yaitu Lapangan Pendalian dengan OOIP 10,4 MMBO (2P Risk), Cumulative Production 0,8 MMBO dan Remaining Reserve 9,6 MMBO.

Kontraktor yang akan menggarap West Kampar adalah PT APG Westkampar Indonesia dan juga PT SPRL West Kampar.