Ilustrasi Blue Bird.
Nasional

Blue Bird Investasi Rp250 M Dukung Transportasi Ramah Lingkungan di IKN

  • Investasi senilai Rp250 miliar oleh Blue Bird Group digunakan untuk pengadaan bus rapid transit listrik guna mendukung layanan perkotaan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN.
Nasional
Khafidz Abdulah Budianto

Khafidz Abdulah Budianto

Author

JAKARTA - Perusahaan transportasi Blue Bird Group mengucurkan investasi senilai Rp250 miliar untuk mengembangkan dan mendukung transportasi ramah lingkungan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Hal itu sebagai upaya mempercepat pengembangan sistem transportasi publik berbasis listrik di IKN Nusantara. 

Atas investasi, inisiatif dan komitmen yang dilakukan Blue Bird Group untuk mendukung transportasi ramah lingkungan berbasis listrik di IKN tersebut, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan apresiasinya. Menurut Presiden, inisiatif ini merupakan satu langkah maju untuk menciptakan masa depan mobilitas yang berkelanjutan.

“Dan menciptakan lingkungan yang lebih bersih dan sehat,” Kata Presiden Jokowi dalam peluncuran Peluncuran Transportasi Ramah Lingkungan Blue Bird Group di IKN, Kamis 21 Desember 2023. Dirinya juga menyambut gembira atas peluncuran kendaraan ramah lingkungan yang dilakukan oleh Blue Bird di IKN.

Diketahui, investasi senilai Rp250 miliar oleh Blue Bird Group digunakan untuk pengadaan bus rapid transit listrik guna mendukung layanan perkotaan taksi listrik, mobil rental listrik, serta bus jurusan dari Balikpapan ke IKN. “Beragam moda transportasi darat telah dipersiapkan guna mendukung transportasi hijau di IKN,” imbuhnya

Selain moda transportasi, Jokowi juga menyebut Blue Bird akan melengkapi sarana pendukung yang dikelola secara terintegrasi dengan menggunakan teknologi pintar seperti penyediaan halte, park and ride, transfer point depo, dan charging point. “Kelengkapan sarana pendukung lainnya yang akan dikelola secara terintegrasi juga akan segera disiapkan,” paparnya.

Hal itu selaras dengan konsep IKN yang mengusung kota hijau.  “Memang konsepnya sejak awal Ibu Kota Nusantara adalah kawasan hijau, lingkungan hijau, gedungnya hijau, transportasinya hijau, listriknya hijau, energi hijau semuanya harus hijau,” papar Presiden.

Sebagai informasi, Blue Bird merupakan merupakan perusahaan transportasi yang menyediakan taksi, transportasi online, travel, hingga bus pariwisata dengan berbagai tipe sesuai dengan kebutuhan dan keinginan dari pelanggan. 

Perusahan ini telah beroperasi hampir di 18 kota dengan jumlah karyawan mencapai 23.000 orang. Hal itu juga didukung dengan 48 pool dan hampir 20.000 unit kendaraan. Blue Bird juga memperlebar sayapnya dengan mendirikan berbagai usaha lainnya selain di bidang transportasi. 

Layanan itu sebagai bagian perluasan Blue Bird meliputi d taksi reguler (Blue Bird & Pusaka) hingga taksi eksekutif (Silver Bird), limusin dan penyewaan mobil (Golden Bird), sewa bus (Big Bird), logistik ( Iron Bird Logistic), Industri (Restu Ibu Pusaka – Bus Body Manufacturing dan Pusaka Niaga Indonesia),

Blue Bird juga bergerak pada bidang lainnya seperti properti (Holiday Resort Lombok dan Pusaka Bumi Mutiara), IT dan jasa pendukungnya (Hermis Consulting – IT SAP, Pusaka Integrasi Mandiri – EDC, Pusaka GPS , Pusaka Buana Utama – SPBU, Pusaka Bersatu – Pelumas, Pusaka Sukucadang Indonesia – Spare Part) dan alat berat (Pusaka Andalan Perkasa dan Pusaka Bumi Transportasi).