Kegiatan Sosialisasi APBN Week di Sumatra yang diselenggarakan oleh Bea Cukai pada Senin, 7 Agustus 2023.
Nasional

Blusukan ke Instansi Pendidikan, Bea Cukai Terangkan Kenapa Pemerintah Berutang

  • Sosialisasi APBN Week 2023 memaparkan tentang apa itu APBN, fungsi APBN, struktur APBN, mengapa negara berutang, hingga peran generasi muda dalam mengawal APBN. 
Nasional
Rizanatul Fitri

Rizanatul Fitri

Author

JAKARTA - Bea Cukai menggelar sosialisasi APBN dan peran Bea Cukai dalam APBN kepada siswa SMA/sederajat, mahasiswa, dan masyarakat umum di berbagai daerah di Indonesia. Acara bertajuk APBN Week 2023 itu digelar melalui berbagai media sosialisasi, baik dalam bentuk daring (online) atau luring (offline).

Sosialisasi APBN Week 2023 memaparkan tentang apa itu APBN, fungsi APBN, struktur APBN, mengapa negara berutang, hingga peran generasi muda dalam mengawal APBN. Kepala Subdirektorat Humas dan Penyuluhan Bea Cukai Encep Dudi Ginanjar mengatakan rangkaian kegiatan APBN Week dilaksanakan serentak di awal Agustus 2023. 

Pihaknya berharap masyarakat memiliki pemahaman mengenai APBN sehingga dapat menumbuhkan rasa tanggung jawab untuk menjaga APBN. “Selain itu menumbuhkan kesadaran mengenai pengelolaan APBN yang akuntabel, dan memberikan pemahaman terkait isu terkini dalam pengelolaan APBN,” kata Encep, dikutip dari laman Bea Cukai, Selasa 8 Agustus 2023.

Encep mengatakan APBN merupakan uang rakyat Indonesia yang digunakan sebesar-besarnya demi kesejahteraan masyarakat Indonesia. Sehingga sangatlah penting bagi masyarakat untuk paham terkait APBN, khususnya para pelajar dan mahasiswa. “Jadi masyarakat dapat sama-sama menjaga dan mengawasi APBN,” ujarnya.

 Menurut Encep, keterlibatan Bea Cukai dalam APBN ialah dalam mengumpulkan penerimaan negara dari sektor kepabeanan dan cukai. “Untuk itu, para pelajar dan mahasiswa juga kami jelaskan tentang target dan penerimaan Bea Cukai secara spesifik, kebijakan strategis Bea Cukai khususnya terkait perluasan objek cukai, hingga isu-isu terkini kepabeanan dan cukai,” imbuhnya.

Di Sumatra, unit-unit vertikal Bea Cukai mengunjungi beberapa SMA. Bea Cukai Tembilahan yang menggelar Sosialisasi APBN Week di SMA Negeri 2 Tembilahan, Bea Cukai Tanjungpandan di SMAN 2 Tanjungpandan, dan Bea Cukai Pematangsiantar di SMA Negeri 1 Raya Kabupaten Simalungun, 

Adapun Bea Cukai Banda Aceh bersosialisasi di SMA Fatih Bilingual School, Bea Cukai Belawan di SMA Islam Plus Adzkia Medan, Bea Cukai Bandar Lampung di SMAQ Darul Fattah, Bea Cukai Langsa di SMAN 1 Langsa, serta Bea Cukai Karimun, Bea Cukai Kanwil Kepri, dan PSO Bea Cukai Tanjung Balai Karimun di SMAN 2 Karimun.

Sementara untuk kunjungan di kampus, Bea Cukai Pekanbaru mengunjungi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Riau.