BMW Indonesia memperkenalkan BMW XM (PHEV), BMW M2, serta BMW i7 pada ajang GIIAS 2023. BMW XM dibanderol Rp 5,597 miliar (off the road Jakarta), sementara untuk BMW M2 Coupe Rp 1,759 miliar (off the road Jakarta), dan BMW M2 Coupe Purist Rp 1,989 (off the road Jakarta), kemudian untuk The New 7 seharga Rp 2,287 miliar (off the road Jakarta), adapun untuk versi listriknya BMW i7 Rp 3,247 miliar (off the road Jakarta). Foto : Panji Asmoro/TrenAsia
Transportasi dan Logistik

BMW Bimbang, Mau Kembangkan Pikap Off-Road Tapi tak Sesuai Citra Merek

  • Perusahaan melihat peluang besar dalam mengembangkan kendaraan jenis ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin mencari mobil kuat dan serbaguna. Namun BMW juga mengaku mobil jenis ini tidak sesuai dengan citra merek mereka yang premium dan ekslusif.

Transportasi dan Logistik

Muhammad Imam Hatami

MUNICH - BMW, produsen mobil mewah asal Eropa, sedang mempertimbangkan merilis SUV off-road baru sebagai respons terhadap meningkatnya permintaan global akan mobil off-road dan SUV tangguh. 

Wakil direktur bidang merek dan manajemen produk BMW, Bernd Korber mengungkapkan bahwa perusahaan melihat peluang besar dalam mengembangkan kendaraan jenis ini untuk memenuhi kebutuhan konsumen yang semakin mencari mobil kuat dan serbaguna.

BMW saat ini tidak tertarik untuk memproduksi pikap, fokus perusahaan terletak pada pengembangan mobil-mobil premium yang sesuai dengan reputasi dan identitas merek BMW. 

Namun Korber juga mengaku bahwa mobil jenis ini tidak sesuai dengan citra merek mereka yang premium dan ekslusif.

"Saya rasa truk pickup di luar jangkauan. Pada dasarnya, menurut saya, ketika merek seperti BMW ingin membuat sesuatu yang berbeda, membuat mobil impian yang benar-benar membawa esensi BMW, kami perlu model-model yang memiliki kekhususan,"  terang Korber dilansir Antara, Selasa, 7 Mei 2024.

Meski demikian, Korber tidak menutup kemungkinan bahwa BMW akan memasuki segmen pasar pickup dan off-road di masa depan, mengingat perubahan tren dan kebutuhan konsumen yang terus berkembang.

Sebelumnya, BMW pernah membuat konsep pikap purwarupa, tetapi belum ada rencana konkret untuk menghasilkan pikap tersebut dalam skala produksi. 

Korber kembali menegaskan bahwa saat ini perusahaan sedang fokus pada pengembangan mobil-mobil premium yang memenuhi standar kualitas dan inovasi BMW.

Dalam menjawab tren global yang terus berubah, BMW berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghasilkan kendaraan-kendaraan yang sesuai dengan kebutuhan pasar yang dinamis. 

Dengan rencana pengembangan yang sedang dipertimbangkan, para penggemar mobil tangguh di seluruh dunia dapat menantikan inovasi terbaru dari BMW. 

Korber mengamati bahwa popularitas mobil off-road seperti Toyota Land Cruiser dan Land Rover Defender semakin meningkat, dan permintaan untuk model-model yang tangguh dan serbaguna semakin tinggi.

Menurut Korber, tren mobil yang tangguh ini sangat menarik karena telah meluas dari Amerika Serikat, Afrika Selatan, dan Australia menjadi fenomena global yang mendapatkan perhatian luas di pasar otomotif saat ini.

Para pemimpin BMW yakin bahwa dengan strategi yang tepat, perusahaan akan terus menghadirkan mobil-mobil premium yang memberikan nilai tambah dan kepuasan bagi para penggemar mobil di seluruh dunia.