<p>Karyawan melayani nasabah di Kantor Cabang Bank BNI Syariah di Jakarta, Rabu 17 Juni 2020. Wakil Presiden Ma&#8217;ruf Amin bersama jajaran pemerintah akan merancang strategi pemulihan ekonomi secara menyeluruh, termasuk ekonomi syariah dalam rangka memasuki tatanan baru new normal. Foto: Ismail Pohan/TrenAsia</p>
Industri

BNI Syariah Dapat Penghargaan Best Bank Award 2020

  • JAKARTA –  PT BNI Syariah meraih penghargaan sebagai bank berpredikat sangat sehat pada kategori syariah BUKU II dan III dalam acara Indonesia Best Bank Award 2020 “Facing the Uncertainty & Transforming Business Sustainability”. Penghargaan yang diberikan oleh Warta Ekonomi tersebut menggunakan metode desk research melalui analisa laporan tahunan yang dipublikasi oleh masing-masing bank. Selanjutnya, beberapa […]

Industri
Aprilia Ciptaning

Aprilia Ciptaning

Author

JAKARTA –  PT BNI Syariah meraih penghargaan sebagai bank berpredikat sangat sehat pada kategori syariah BUKU II dan III dalam acara Indonesia Best Bank Award 2020 “Facing the Uncertainty & Transforming Business Sustainability”.

Penghargaan yang diberikan oleh Warta Ekonomi tersebut menggunakan metode desk research melalui analisa laporan tahunan yang dipublikasi oleh masing-masing bank. Selanjutnya, beberapa indikator dikumpulkan untuk dinilai bobotnya.

Secara umum, bobot masing-masing aspek ialah profil risiko sebesar 25%, GCG sebesar 20%, rentabilitas sebesar 30%, permodalan sebesar 15%, dan kinerja intermediasi sebesar 10%.

Di tengah kondisi perekonomian yang belum stabil akibat pandemi COVID-19, BNI Syariah mencatat pertumbuhan yang positif dan stabil. Pada triwulan I-2020, BNI Syariah mencetak laba bersih Rp214,01 miliar, naik 58% dibandingkan periode sama 2019 sebesar Rp135,35 miliar.

Kredit dan DPK

BNI Syariah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp32,33 triliun dan penghimpunan dana pihak ketiga (DPK) sebesar Rp44,86 triliun. Di samping itu, pada periode tersebut BNI Syariah juga berhasil naik kelas ke BUKU III.

Dengan pertumbuhan laba yang positif, rasio profitabilitas BNI Syariah pun meningkat ditandai dengan meningkatnya ROE (return on equity) dari 12,79% di triwulan I tahun 2019 menjadi 17,95% di triwulan I tahun 2020. Sementara itu, rasio ROA (return on asset) juga naik dari 1,66%  pada triwulan I tahun 2019 menjadi 2,24% pada triwulan I tahun 2020.

Pemimpin Divisi Kesekretariatan dan Komunikasi Perusahaan BNI Syariah Bambang Sutrisno mengapresiasi penghargaan yang diberikan. “Penghargaan ini diperoleh berkat kepercayaan dari segenap nasabah dan kerja keras seluruh pegawai. Semoga penghargaan ini terus memacu kami untuk meningkatkan kinerja dan memberikan yang terbaik kepada segenap stakeholders,” ujarnya dalam keterangan tertulis, Jumat, 21 Agustus 2020.

Penghargaan diberikan oleh CEO & Chief Editor Warta Ekonomi Muhamad Ihsan. Turut hadir Ketua Dewan Komisioner LPS Halim Alamsyah dan Founder & Presiden Komisaris Warta Ekonomi Fadel Muhammad.

Diketahui, award tersebut khusus ditujukan kepada perbankan yang mempunyai kinerja keuangan optimal dan sehat pada 2019 lalu. Diharapkan bank yang mendapatkan kategori sehat ini tetap mempertahankan kinerjanya ke depan. Sekalipun dihadapkan pada situasi krisis seperti pandemi COVID-19. (SKO)